Sabtu, 20 April 2024

473 Wisudawan Ikuti Wisuda Drive Thru UWKS Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Wisudawan menaiki Andong saat mengikuti prosesi wisuda drive thru di kampus Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Foto: Humas UWKS

Di masa pandemi Covid-19 yang belum usai Universitas Wijaya Kusuma Surabaya kembali menggelar wisuda drive thru semester gasal tahun akademik 2020/2021 pada jenjang Ahli Madya (D3), Sarjana (S1) dan Magister (S2), di lobby D Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Sabtu (10/4/2021).

Meskipun wisuda ini dilaksanakan dengan cara drive thru tapi tidak menghilangkan esensi dari prosesi wisuda. Wisudawan dan panitia wisuda menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Panitia wisuda merancang prosesi wisuda drive thru ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 5 M,” terang Ir. H. Soepriyono Wakil Rektor Bidang Akademik UWKS.

Prof.H.Sri Harmadji, dr.Sp.THT-KL (K), Rektor UWKS, menyampaikan bahwa para wisudawan UWKS wajib memiliki sikap budi pekerti luhur sebagai ciri khas dan jati diri keluarga besar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

“Selamat atas kelulusan dan keberhasilan Saudara-saudara para wisudawan memperoleh gelar akademik yang sesuai dengan bidang ilmu yang saudara tempuh. Jadilah Magister dan Sarjana yang memiliki nalar jiwa raga dan hatinya dengan jati diri kewijayakusumaan yang memuat sikap budi pekerti luhur: teguh, teteg, tatag, tanggon dan trapsila, sebagai ciri khas atau jati diri keluarga besar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya,” ujar Sri Harmadji, Sabtu (10/4/2021).

Pada kesempatan itu, Sri Harmadji Rektor UWKS menyampaikan bela sungkawa dan rasa duka cita yang mendalam atas wafatnya para pejuang kesehatan, termasuk para alumni UWKS yang telah gugur sebagai pahlawan kesehatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada dosen UWKS yang gugur dalam menjalankan tugas.

“Penghargaan dan bela sungkawa sekaligus rasa duka kepada pejuang kesehatan, termasuk para alumni UWKS yang gugur dalam tugasnya sebagai tenaga keseahatan. Kepada Almarhum Dr. Ir. H. Miftahun Huda MM., dosen Fakultas Teknik dan Almarhum Dr. Drs. H. Heni Sukrisno, M.Pd, dosen Fakultas Bahasa dan Sains. Semoga amal dan ibadah almarhum diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan diampuni segala dosanya,” kata Sri Harmadji.

Wisuda drive thru Sabtu (10/4/2021) ini diikuti 473 wisudawan dengan rincian 27 wisudawan dari Fakultas Teknik; 27 wisudawan dari Fakultas Pertanian; 67 wisudawan dari Fakultas Hukum; Fakultas Ekonomi dan Bisnis diikuti 156 wisudawan; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diikuti 32 wisudawan; Fakultas Bahasa dan Sains diikuti 24 wisudawan, 123 wisudawan dari Fakultas Kedokteran dan 17 wisudawan dari Fakultas Kedokteran Hewan.

Meskipun di tengah pandemi tetapi berbagai pencapaian telah dilakukan UWKS diantaranya: model perkuliahan yang menggunakan fasilitas e-repository. UPT-TIK yang mengembangkan aplikasi-aplikasi e-Campus yang meliputi: e-Academic, e-Finance, e-Human Resourses, e-Library, e-Facility, e-Journal, e-Administration, dan e-Alumni; pencapaian dibidang penelitian yang dibiayai Hibah Dikti sebanyak 15 dosen dan yang dibiayai Internal sebanyak 172 dosen; Program Bantuan UKT SPP sebanyak 596 mahasiswa menerima bantuan UKT SPP senilai Rp. 1.430.400.000 dan mulai tahun 2020 ini UWKS menerima mahasiswa jalur KIP-K.

Sementara itu, pada kegiatan wisuda drive thru di kampus UWKS ini, satu diantara peserta memilih tidak naik mobil atau sepeda motor saat akan mengambil tanda kelulusan dan mengikuti prosesi wisuda, dengan mengendarai Andong lengkap dengan seekor Kuda. Dengan tetap mengemukakan protokol kesehatan, pelaksanaan wisuda berlangsung lancar.(tok/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs