Jumat, 29 Maret 2024

600 Warga Jepang Antusias Saksikan Wayang Kulit dan Main Gamelan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Warga Jepang antusias mengikuti workshop Gamelan. Foto KBRI Tokyo

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBR) Tokyo menyelenggarakan Indonesian Festival di Yamanashi Gakuin University (YGU), Kota Kofu, Prefektur Yamanashi Sabtu (30/10/2021). Acara yang terbagi dalam tiga sesi ini diselenggarakan secara hybrid dan dihadiri oleh lebih 621 orang yang terdiri dari 380 warga Jepang yang hadir langsung dan 241 orang yang hadir secara daring.

Heri Akhmadi Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dalam acara di Memorial Hall YGU memberikan kuliah umum yang berjudul “Indonesia dan Jepang Berbagi Masa Depan Bersama”

“Hubungan Indonesia-Jepang saling melengkapi dari segi ekonomi, demografi, sumber daya alam hingga teknologi. Indonesia ingin terus perkuat kerja sama dengan Jepang di berbagai bidang termasuk bidang pendidikan,” ujar Heri Dubes yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi, Meinarti Fauzie Kepala Bidang Pensosbud dan Mukti R. Setianto Diplomat Muda.

Koji Furuya Presiden YGU mengapresiasi penyelenggaraan Indonesian Day KBRI Tokyo ini. “Terima kasih sekali atas kegiatan ini. Saya berharap ke depannya akan semakin ada peningkatan kerja sama Jepang – Indonesia,” kata Koji Furuya bersama Walikota Kofu Yūichi Higuchi yang berkesempatan hadir di acara ini.

Usai menyimak kuliah umum dari Dubes Heri, peserta mengikuti lokakarya Gamelan dari Grup Semilir dan Pergelaran Wayang Kulit oleh Ki Dalang Sumiyanto dengan lakon Bimo Cangkang.

Antusiasme warga Jepang terlihat saat berkesempatan mencoba langsung memainkan instrumen Gamelan dengan bimbingan pemain grup Gamelan Semilir.

Warga Jepang antusias mengikuti workshop Gamelan. Foto KBRI Tokyo

Di akhir acara, KBRI Tokyo memberikan omiyage (bingkisan) berupa makanan dan bumbu instan khas Indonesia kepada para peserta.

Dalam kunjungan ke Ibu Kota Prefektur Yamanashi, Dubes Heri bertemu dengan Wakil Gubernur Yamanashi Watanabe kazuhiko untuk membahas tindak lanjut kerja sama sister province Yamanashi dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada bidang pendidikan dan agrikultur.

Dubes Heri juga bertemu dengan pengusaha kilang anggur (winery) dan perusahaan pengolah kulit rusa untuk menjajaki kerja sama dengan UMKM Indonesia dan Jepang. Dubes Heri menjelaskan bahwa KBRI Tokyo dan perwakilan BUMN Indonesia di Jepang beberapa waktu lalu telah membentuk Sentra UMKM Indonesia yang siap menjalin kerja sama dengan Jepang.

Dalam kesempatan terpisah, sebelum Festival Indonesia, Dubes Heri bertemu dengan perwakilan masyarakat Indonesia di Kofu dan sekitarnya. Dubes Heri mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih aktif dalam mempromosikan Indonesia di Jepang dan memperkuat peningkatan kapasitas diri.(faz/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs