Jumat, 29 Maret 2024

Abdul Hamid Mahmud Mantan Bupati Malang Wafat

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Suasana rumah duka yang berada di Jalan Kalimosodo Nomor 12, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (31/1/2020). Foto: Antara/Aspri

Abdul Hamid Mahmud Bupati Malang periode 1985-1995 dilaporkan meninggal dunia pada Minggu (31/1/2021) sekitar pukul 06.00 WIB, akibat penyakit yang dideritanya.

Nur Widianto Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Malang mengatakan bahwa almarhum yang merupakan warga Kota Malang, Jawa Timur itu, dilaporkan meninggal dunia pada usia 79 tahun.

“Beliau dahulu Bupati Malang, dan juga sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur. Meninggal pada usia 79 tahun,” kata Widianto, di Kota Malang, Minggu.

Widianto menambahkan, almarhum merupakan ayah dari Zulkifli Amrizal Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang. Jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka yang ada di Jalan Kalimosodo 12, Kota Malang sebelum dimakamkan.

Menurut Widianto, almarhum meninggal akibat penyakit jantung yang dideritanya, dan bukan terinfeksi virus Corona atau Covid-19. Almarhum sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Panti Nirmala Kota Malang.

“Saya baru saya mendapatkan informasi bahwa almarhum sakit jantung,” kata Widianto seperti yang dilansir Antara.

Abdul Hamid Mahmud merupakan Bupati Malang ke-15, dan menjabat pada tahun 1985 hingga 1995. Kemudian, Abdul Hamud Mahmud menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur hingga tahun 2000.

Sementara itu, anak keempat almarhum Abdul Hamid Mahmud, Sari Widiyanti mengatakan bahwa pada Kamis (28/1/2021), almarhum sempat mengeluhkan sakit asam lambung yang dideritanya. Kemudian, almarhum menuju ke Kota Surabaya.

Sari menambahkan, pada Jumat (29/1/2021) almarhum kembali ke Kota Malang, kurang lebih pada pukul 16.00 WIB. Namun, keesokan harinya kurang lebih pukul 06.00 WIB, almarhum tidak sadar, dan pihak keluarga membawanya ke RS Panti Nirmala, Kota Malang.

“Pada Minggu (31/1/2021) sekitar pukul 06.00 WIB, saya mendapat kabar bahwa ayah saya dinyatakan meninggal dunia,” kata Sari.

Almarhum meninggalkan tiga orang anak, dan sepuluh cucu. Sesungguhnya, almarhum Abdul Hamid Mahmud memiliki empat orang anak, namun anak ketiga telah meninggal dunia pada Oktober 2020.

“Almarhum sebenarnya memiliki empat anak, tapi anak ketiganya sudah meninggal Oktober 2020. Dan dari keempat anaknya itu, almarhum telah dikaruniai 10 cucu,” jelasnya.

Rencananya jenazah akan dishalatkan terlebih di Masjid Nurul Qolbi, yang berada di dekat rumah duka usai shalat Dzuhur. Setelah itu jenazah akan dibawa untuk dimakamkan di pemakaman keluarga, yang berada di Areng-Areng, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs