Jumat, 29 Maret 2024

Afsel Nilai Langkah Inggris Batasi Penerbangan Terburu-buru

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi seseorang berada di dalam pesawat. Foto: Pixabay

Kementerian Luar Negeri Afrika Selatan menyebut keputusan Inggris melarang penerbangan dari Afsel akibat varian baru Covid-19 tampak terburu-buru.

Sebabnya, Organisasi Kesehatan Internasional (WHO) belum mengeluarkan imbauan tentang langkah lanjutan berkaitan temuan itu.

Para ilmuwan sejauh ini baru menemukan sedikit temuan varian B11529 di Afsel, Botswana, dan Hong Kong.

Namun, mereka khawatir dengan banyaknya mutasi yang membantu virus menghindari respons imun tubuh dan membuatnya lebih menular.

Seperti diketahui, Inggris pada Kamis (25/11/2021) menyatakan menghentikan sementara sejumlah penerbangan dari Afsel, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Lesotho dan Eswatini.

Penghentian sementara penerbangan dari negara-negara itu dimulai Jumat (26/11/2021) ini, setelah adanya temuan varian baru Covid-19.

“Kerugian yang akan dialami oleh industri pariwisata dan bisnis dari kedua negara segera menjadi kekhawatiran kami,” kata Naledi Pandor Menteri Luar Negeri Afsel lewat pernyataan dikutip Antara.

Afsel akan menghubungi otoritas Inggris untuk membujuk mereka agar mempertimbangkan keputusannya. Demikian tulis pernyataan itu.

Afsel juga meminta rapat darurat kelompok kerja WHO mengenai perkembangan virus untuk membahas varian baru Covid-19 tersebut.(ant/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs