Sabtu, 20 April 2024

Airlangga Hartarto Ketua Umum Golkar Enggan Komentar Banyak Soal Penahanan Azis

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Airlangga Hartarto Menteri Perindustrian.

Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar tidak mau berkomentar banyak soal penahanan Azis Syamsuddin Wakil Ketua DPR dari fraksi Partai Golkar oleh KPK.

Airlangga memilih menugaskan Fraksi Partai Golkar yang akan menjelaskan soal penahanan Azis itu.

Sekadar diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Azis Syamsuddin, setelah sebelumnya menetapkan tersangka dalam kasus suap terhadap penyidik KPK.

“Golkar sudah menugaskan kepada saudara Adies (Adies Kadir) Sekretaris fraksi Golkar DPR sebagai Badan Hukum dan HAM (Bakumham),” ujar Airlangga saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (25/9/2021).

Kata Airlangga, Fraksi Partai Golkar yang akan menjelaskan dan menanggapi lebih jauh penetepan tersangka dan penahanan Azis Syamsuddin.

Sebelumnya, KPK menahan Azis Syamsuddin (AZ) Wakil Ketua DPR RI setelah mengumumkannya sebagai tersangka dugaan suap atas penanganan perkara korupsi yang ditangani KPK di Kabupaten Lampung Tengah.

“Setelah penyidik memeriksa para saksi, kurang lebih ada 20 orang saksi dan dikuatkan dengan alat bukti, maka tim penyidik menahan tersangka untuk 20 hari pertama, terhitung tanggal 24 September 2021 sampai 13 Oktober 2021 di Rutan Polres Jakarta Selatan,” kata Firli Bahuri Ketua KPK saat jumpa pers di Gedung KPK, Sabtu (25/9/2021) dini hari.

Dalam konstruksi perkara, KPK menduga Azis memberikan suap kepada Stepanus Robin Pattuju (SRP) mantan penyidik KPK senilai Rp3,1 miliar.

“Sebagaimana komitmen awal pemberian uang dari AZ kepada SRP dan MH (Maskur Husain/advokat) sebesar Rp4 miliar yang direalisasikan baru sejumlah Rp3,1 miliar,” kata Firli.(faz/dfn/den)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs