Selasa, 7 Desember 2021

Animo Vaksinasi Luar Biasa, Lebih dari Seribu Orang Tidak Kebagian Vaksin di Juanda

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
vaksinasi-anak-pramuka Ilustrasi. Vaksinasi pelajar Pramuka. Foto: dok. suarasurabaya.net

Serbuan Vaksin yang digelar Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) di pangkalan udara TNI AL (Lanudal) Terminal 2 (T2) Juanda, Sabtu (7/8/2021) benar-benar menyedot animo luar biasa dari masyarakat. Lokasi vaksinasi benar-benar diserbu masyarakat.

Kolonel Catur Nur Ardiantoro Direktur Operasional Puspenerbal mengatakan, pelaksanaan vaksinasi yang sesuai jadwal berlangsung pukul 07.00 WIB-16.00 WIB itu berhasil menyuntikkan vaksin untuk lebih dari 2.000 orang.

“Alhamdulillah lancar. Tadi dimulai pukul 07.00 WIB, baru selesai pukul 20.00 WIB. Ini kami juga masih beres-beres. Hari ini kami berhasil memvaksinasi 2.324 orang. Terdiri dari 1.300-an pelajar pramuka dan 900-an masyarakat umum,” ujarnya.

Catur bilang, vaksinasi di T2 Juanda itu memang digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun Pangkalan Udara TNI AL Juanda sekaligus memperingati Hari Pramuka.

“Makanya kami utamakan adik-adik Pramuka 12 tahun (sampai 17 tahun) ke atas. Tapi animo masyarakat tadi luar biasa. Banyak masyarakat yang hadir sehingga kami harus meminta maaf, kami sempat memulangkan 1.000 sekian orang,” katanya.

Tidak hanya vaksinasi dosis pertama, program vaksinasi di Lanudal T2 Juanda itu juga melayani vaksinasi dosis kedua. Setidaknya ada 50 orang yang dapat dosis kedua sinovac dan sekitar 70 orang mendapat dosis kedua AstraZeneca.

“Tapi mohon maaf, kami memang mengutamakan vaksinasi dosis pertama. Nanti akan kami rencanakan vaksin kedua. Mungkin pelaksanaannya nanti di minggu keempat Agustus ini atau bulan depan,” kata Catur.

Animo masyarakat itu memang tampak dari sejumlah pertanyaan dari pendengar Radio Suara Surabaya yang masuk, tentang pelaksanaan atau keberadaan sentra vaksinasi terkini.

Sampai saat ini, sejumlah pihak memang terus menggelar vaksinasi. Tidak hanya vaksinasi dosis pertama, perhelatan vaksinasi dosis kedua juga sudah mulai dilaksanakan untuk masyarakat yang mendapat vaksin pertama pada Juni lalu.

Salah satu yang akan menggelar vaksinasi dosis kedua adalah Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Sayangnya, Vaksinasi di Polres Pelabuhan Tanjung Perak dikhususkan masyarakat yang mendapat vaksin dosis pertama di lokasi yang sama.

Aipda Wijiantoro Command Center Polres Pelabuhan Tanjung Perak mengatakan, pelaksanaan vaksinasi dosis kedua di Markasnya akan berlangsung mulai Senin (9/8/2021).

“Jadi Senin, Selasa, silakan untuk yang sudah dapat vaksin dosis pertama di Polres Pelabuhan Tanjung Perak datang lagi untuk dosis kedua. Rabu (11/8/2021) libur, karena libur Tahun Baru Islam. Kamis buka lagi sampai Sabtu,” katanya.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 7 Desember 2021
25o
Kurs