Kamis, 28 Maret 2024

Antisipasi La Nina, Pemerintah Diminta Siapkan Ketersediaan Pangan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Suhu permukaan Samudera Pasifik. El Nino biasanya ditandai pemanasan suhu yang tidak biasa dan La Nina oleh temperatur dingin tidak biasa di ekuator Pasifik. Foto: NOAA

Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia meminta pemerintah menyiapkan ketersediaan pangan dalam rangka antisipasi potensi dampak  La Nina yang diperkirakan BMKG akan menerjang Indonesia di akhir 2021.

“Tentu mempersiapkan dampak dari sisi ketersediaan pangan. Kita tahu bahwa dengan adanya La Nina maka intensitas hujan akan lebih banyak,” kata Yusuf Rendy Manilet Ekonom CORE Indonesia, Minggu (29/8/2021), dilansir Antara.

Yusuf mengatakan, cuaca ekstrem La Nina yang berupa hujan es, hujan lebat disertai kilat, petir, serta angin puting beliung berpotensi berdampak pada gagal panen.

Gagal panen dapat terjadi untuk beberapa komoditas pangan penting seperti cabai dan bawang.

Oleh sebab itu Yusuf menegaskan kebijakan yang tepat perlu dipersiapkan sejak saat ini, seperti memetakan produksi dalam negeri yang disesuaikan dengan konsumsi dalam negeri.

Tak hanya itu, dia menuturkan alur distribusi juga perlu dianalisa yang dihubungkan dengan perkiraan daerah-daerah yang akan terpapar parah dari La Nina.

“Apakah kemudian ada daerah yang akan terpapar parah dari La Nina sehingga alur distribusinya perlu dipersiapkan skenario distribusi nantinya,” ujarnya.

Sementara itu dia turut mengingatkan bahwa La Nina ini akan berpotensi menaikkan harga-harga komoditas, termasuk pada cabai dan beberapa pangan lainnya.

Kenaikan ini berpotensi mendorong inflasi umum sehingga pemerintah juga perlu mengkompensasi dengan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat.

“Artinya hal ini perlu dikompensasi dengan bantuan seperti bantuan sosial tunai,” katanya.

Sebagai informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengindikasikan kondisi El Niño-Southern Oscillation (ENSO) dalam keadaan netral dapat berkembang menjadi La Nina pada akhir 2021.

Indonesia perlu mewaspadai kejadian cuaca ekstrem seperti hujan es, hujan lebat disertai kilat dan petir, serta angin puting beliung jelang masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.(ant/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs