Kamis, 25 April 2024

Antisipasi Musim Hujan, Pemkot Surabaya Normalisasi Sungai Kalimas

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Armuji Wakil Wali Kota Surabaya meninjau normalisasi Sungai Kalimas yang saat ini dilakukan pengerukan, Kamis (12/8/2021). Foto : Humas Pemkot

Pemerintah Kota Surabaya sedang melakukan normalisasi Sungai Kalimas untuk mengantisipasi musim hujan yang kerap memunculkan genangan di sejumlah sudut kota Pahlawan. Armuji Wakil Wali Kota Surabaya meninjau proses normalisasi itu dengan menaiki perahu dari Dermaga Taman Ekspresi menuju sisi barat sampai ke Peneleh, Kamis (12/8/2021).

Selama perjalanan peninjauan sungai itu Armuji juga mengamati sejumlah gundukan sedimen yang memang sengaja ditumpuk untuk selanjutnya diangkut menggunakan dump truk. Mantan Anggota DPRD Provinsi Jatim itu juga sempat melihat langsung alat berat yang digunakan untuk mengeruk sedimen di Sungai Kalimas.

Seusai meninjau sungai, Armuji mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melakukan normalisasi Sungai Kalimas ini untuk mengantisipasi musim hujan. Sebab, berdasarkan prediksi BMKG, musim kemarau akan berakhir sampai Oktober 2021 yang kemudian memasuki musim hujan.

“Sampai saat ini sudah ada sekitar 10 ribu meter kubik (sedimen) yang sudah diambil, dan ini terus dilakukan,” kata Armuji.

Dia juga menjelaskan bahwa pengerukan sedimen itu sangat penting untuk normalisasi arus lalu lintas air. Dengan pengerukan itu, maka lalu lintas air bisa semakin lancar dan ini juga untuk mencegah genangan yang terjadi di Surabaya.

“Apalagi ini sungai satu-satunya yang ada di tengah kota, jadi harus dinormalisasi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Armuji juga mengimbau kepada warga yang ada di pinggir Sungai Kalimas untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sebab, itu akan menghambat arus lalu lintas air.

“Tolong jangan membuang sampah ke sungai, supaya tidak kebiasaan dan supaya lalu lintas air bisa lancar, tidak tersendat oleh sampah,”pintanya. (man/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs