Sabtu, 24 Februari 2024

Armuji Pastikan Tarif Swab PCR di Surabaya Maksimal Rp495 Ribu

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan

Armuji Wakil Wali Kota Surabaya memantau tarif Swab PCR di Laboratorium Parahita Dharmawangsa dan Poin of Care Swab Center National Hospital, Jalan Sulawesi Surabaya.

Dia ingin memastikan, harga swab PCR sesuai ketetapan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan nomor HK.02.02/I/2845/2021.

Surat Edaran itu mengatur tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan Reserve Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) senilai Rp495 ribu untuk pulau Jawa dan Bali, serta Rp 525 ribu untuk luar pulau Jawa dan Bali.

Dalam kesempatan itu, Armuji memastikan bahwa harga swab PCR di Surabaya sudah turun sesuai ketentuan.

“Degan penurunan harga itu, ternyata sebagian besar masyarakat lebih memilih swab PCR dibandingkan dengan tes antigen,” kata Armuji.

Anindito Kusumojati Manager Umum National Hospital menegaskan saat ini harga swab PCR di National Hospital senilai Rp492 ribu. Sedangkan untuk harga tes antigen Rp178 ribu.

Armuji berharap dengan semakin terjangkaunya tarif swab PCR maka presentasi testing di Kota Surabaya juga semakin meningkat.

Dari situ maka 3T (Tracing, Testing dan Treatment) semakin masif dilakukan demi memutus penyebaran laju Covid-19.

Armuji juga titip pesan ke masyarakat, kalau ada yang melebihi ketentuan biaya di atas Rp495.000 bisa dilaporkan dan akan ada sanksi. Untuk itu semua warga bisa ikut mengawasi. (ton/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
27o
Kurs