Kamis, 2 Mei 2024

Armuji: Vaksinasi Dosis Pertama 99,3 Persen, Pembatasan Aktivitas Segera Dilonggarkan

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi vaksinasi di Kota Surabaya. Foto: Humas Kota Surabaya

Berdasarkan data dashboard vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Minggu (12/9/2021), capaian vaksinasi dosis pertama di Surabaya sudah mencapai 99,03 persen.

Sudah ada total sebanyak 2.196.071 warga Kota Pahlawan yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua baru 64,2 persen atau 1.426.724 warga sudah divaksin lengkap.

Armuji Wakil Wali Kota Surabaya bilang, capaian vaksinasi itu akan berdampak positif berupa melandainya angka infeksi Covid-19 di Kota Surabaya, karena mulai terbentuk herd immunity.

Dia juga menerangkan, kesadaran masyarakat Surabaya terhadap vaksinasi juga meningkat seiring dorongan untuk mendukung upaya-upaya pemulihan ekonomi di Kota Metropolitan ini.

Alhamdulillah vaksinasi sudah sampai 99,3 persen dosis pertama. Ini tertinggi di Jawa Timur. Sekarang kami fokus pemulihan ekonomi dengan mulai melonggarkan pembatasan,” katanya, Minggu (12/9/2021).

Demi memulihkan ekonomi, Armuji menyatakan, Pemkot Surabaya akan aktif mendorong UMKM di kecamatan-kecamatan untuk menjadi garda terdepan berkolaborasi dengan Pemkot Surabaya.

“Berdasarkan data 11 September 2021 yang saya terima, RT Zona Merah di Surabaya dengan angka konfirmasi positif lebih dari satu orang cuma empat. Sudah 10.219 RT yang zona hijau,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net.

Meski demikian, wakil wali kota yang akrab disapa Cak Ji itu berpesan agar masyarakat tidak euforia berlebihan. Masyarakat dia minta tetap disiplin prokes untuk mendukung pemulihan ekonomi.

“Dengan melandainya angka Covid-19, kita perkuat juga infrastruktur kesehatan seperti testing dan rumah-rumah sehat, sehingga nanti bisa siap siaga menghadapi berbagai kondisi yang akan datang,” katanya.(tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs