Rabu, 22 Mei 2024

Aung San Suu Kyi Pemimpin Myanmar Ditangkap

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Aung San Suu Kyi Pemimpin Myanmar saat menjadi Konselor Negara dan Menteri Luar Negeri Myanmar menghadiri KTT ASEAN-Korea disela-sela KTT ASEAN ke-31 di Philippine International Convention Center (PICC) di Manila, Filipina, Senin (13/11/2017). Foto: Reuters

Menurut juru bicara Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), Aung San Suu Kyi Pemimpin Myanmar dan sejumlah tokoh senior lainnya dari partai berkuasa ditangkap dalam penggerebekan dini hari, Senin (1/2/2021).

Penangkapan itu berlangsung setelah beberapa hari terjadi peningkatan ketegangan antara pemerintahan sipil dan militer, yang menimbulkan kekhawatiran kudeta pascapemilu. Pihak militer menyebutkan bahwa pemilu di Myanmar diwarnai kecurangan.

Seperti yang dikutip Reuters yang dilansir Antara, juru bicara Myo Nyunt melalui telepon mengatakan kepada Reuters bahwa Suu Kyi, Presiden Win Myint dan sejumlah pemimpin lainnya telah “dibawa” pada dini hari.

“Saya ingin memberitahu masyarakat kami untuk tidak langsung menanggapi (kejadian itu) dan saya ingin mereka bertindak sesuai hukum yang ada,” kata Myo Nyunt yang mengaku bahwa dirinya kemungkinan juga bakal ditahan dalam penangkapan tersebut.(ant/tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
30o
Kurs