Rabu, 24 April 2024

Bahaya, Stok Darah di PMI Surabaya Kosong

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Suasana lengang di kantor layanan UDD PMI Surabaya, Senin (19/4/2021). Kondisi ini sudah terjadi sejak awal puasa Ramadan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Stok darah di PMI Surabaya kosong, Senin (19/4/2021). Ini untuk semua jenis darah kosong. Layanan permintaan darah belum bisa seluruhnya terpenuhi.

“Kondisinya sejak awal puasa Ramadan memang terus menurun. Pada Senin (19/4/2021) persediaan darah untuk semua jenis, golongan kosong. Tentunya kondisi ini berpengaruh pada layanan permintaan darah,” terang dr. Martono Adi Kepala Bagian Humas dan Pelayanan Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya, Senin (19/4/2021).

Saat puasa Ramadan, kata Martono memang selalu terjadi penurunan jumlah pendonor darah. Dan itu tentu saja berpengaruh pada stok  darah, yang akhirnya membuat layanan permintaan darah juga tidak terpenuhi.

Pendonor darah cenderung berkurang saat memasuki Ramadan, karena itu pihak PMI Surabaya selalu berusaha memenuhi stok persediaan darah jauh hari sebelum Ramadan. Hal itu dilakukan mengingat kebutuhan darah yang juga tidak bisa diabaikan.

Berdasarkan catatan Senin (19/4/2021) sampai sekitar pukul 12.00WIB  stok darah untuk semua jenis dan golongan di PMI Surabaya terpantau masih kosong dan belum terjadi penambahan secara signifikan.

Beberapa upaya sudah dilakukan, di antaranya membuka kembali layanan donor darah di Taman Bungkul sebagai bagian dari strategi jemput bola di saat puasa Ramadan. Sedangkan layanan di UDD PMI Surabaya tetap dibuka selama Ramadan.

“Kami berupaya dengan jemput bola. Harapan kami akan ada penambahan stok darah. Layanan di UDD PMI Surabaya juga tetap kami buka. Masyarakat atau pendonor darah tetap kami harapkan segera mendonorkan darahnya, ” pungkas Martono.(tok/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs