Kamis, 25 April 2024

Bandara Juanda Harus Jadi Benteng Pencegah Masuknya Virus Covid-19 Varian AY.4.2 ke Jatim

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
emil-elestianto-dardak Emil Dardak Wakil Gubernur Jatim. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur meminta pihak Bandara Internasional Juanda melakukan langkah antisipatif secara terus menerus melalui pengetatan di area tertentu, terutama di pintu masuk kedatangan. Dia sampaikan itu mengingat varian baru virus corona (Covid-19) yaitu AY.4.2 diprediksi lebih ganas daripada Varian Delta.

“Kami terus memanta dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat soal varian baru Covid -19. Nantinya, pintu pintu masuk ke Jatim, baik itu dari pekerja Migran maupun wisatawan asing harus melalui screaning Bandara Juanda dan proses karantina,” katanya di Jember, dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net Minggu (14/11/2021).

Dia mengatakan, Bandara Juanda harus menjadi benteng untuk mengantisipasi awal masuknya varian virus baru dari Covid-19. Maka, tempat-tempat karantina harus terus disiapkan bersama instansi dan dikoordinasikan BNPB dan instansi lainnya. Semua itu, kata dia, butuh gotong royong semua pihak dalam memutus penyebaran Covid-19.

“Kami akan terus melakukan proses squencing untuk mengidentifikasi munculnya varian baru,” katanya.

Berkaitan capaian vaksinasi, Emil menyatakan, Jatim sudah berada di atas 65 persen untuk dosis pertama dan diharapkan bisa segera diikutii dosis kedua. “Jadi tempat vaksinasi masal yang banyak dilakukan harus di agendakan pula untuk pelaksanaan vaksinasi di dosis kedua,” ujarnya.

Terutama bagi para lansia, kata dia, pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat harus mampu meyakinkan dan meningkatkan capaian vaksinasi mereka.

“Capaian vaksinasi lansia harus terus digenjot yang saat ini, capaiannya masih sangat rendah. Allhamdulillah sampai hari ini ketersediaan vaksin bisa terus dipenuhi. Intinya segala jenis vaksin yang akan diberikan sudah mendapatkan ijin dari BPOM RI,” katanya.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs