Jumat, 29 Maret 2024

Bandara Juanda Sediakan Layanan Vaksinasi Covid-19

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pemeriksaan calon penumpang yang akan divaksinasi di Bandara Juanda. Foto: Istimewa

Bandar Udara Internasional Juanda menyiapkan sentra vaksinasi Covid-19 di area lobi gedung baru Terminal 1.

Sentra vaksin ini telah beroperasi sejak kemarin, Senin (5/7/2021) di mana perubahan syarat perjalanan untuk transportasi udara yaitu calon penumpang pesawat harus menunjukkan kartu vaksinasi diterapkan.

Vaksinasi di Bandara Juanda beroperasi pukul 09.00-13.00 WIB tiap harinya.

Kicky Salvachdie General Manager Angkasa Pura 1 mengatakan, layanan vaksinasi ini tersedia untuk mendukung Pemerintah dalam mewujudkan target 1 juta vaksin per hari di bulan Juli.

“Diharapkan dengan adanya sentra vaksinasi di bandara ini akan memperluas dan mempermudah masyarakat, khususnya calon penumpang, untuk mendapatkan vaksin sehingga herd immunity berdasarkan vaksin dapat terwujud,” ujar Kicky dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (6/7/2021).

Penyediaan sentra vaksinasi di Bandar Udara Internasional Juanda ini, lanjut Kicky juga untuk mendukung penerapan persyaratan protokol kesehatan pada masa PPKM Darurat di mana syarat perjalanan udara dalam negeri menuju dan dari Pulau Jawa serta Bali adalah harus menunjukkan kartu vaksinasi dan hasil negatif tes PCR.

“Selain tambahan layanan vaksinasi, kami juga sudah sediakan layanan swab tes RT-PCR dengan biaya 900 ribu untuk hasil keluar 1×24 jam. Tambahan layanan ini juga sebagai wujud respon perubahan syarat terbang dari Pulau Jawa yakni hasil negatif swab tes RT-PCR, bukan lagi menggunakan rapid tes antigen,” jelasnya.

Sementara itu, dr. Acub Zainal PLT. Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya, menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi yang diadakan di Bandara Juanda merupakan mandat dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan.

“Pada pelaksanaan vaksinasi ini, dosis yang disiapkan dikhususkan untuk penumpang yang telah memiliki tiket penerbangan, dengan total dosis pada hari ini sebanyak 100 dosis vaksin. Sebelumnya, di hari pertama telah melayani sebanyak 60 dosis. Harapannya kami dapat mendukung penuh, namun hal itu erat korelasinya dengan logistik yang dimiliki dan juga dengan peningkatan jumlah penumpang.,” ujarnya.

Untuk dapat memanfaatkan layanan sentra vaksinasi, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yaitu:
1. Vaksin yang diberikan untuk dosis pertama.
2. Menunjukkan KTP Asli dan tiket/ e-ticket penerbangan sesuai dengan dengan jadwal penerbangan.
3. Melakukan vaksinasi di bandara satu hari sebelum jadwal keberangkatan.
4. Mengikuti proses vaksinasi sesuai prosedur.

Adapun proses dan prosedur vaksinasi di bandara diperkirakan memerlukan waktu sekitar 33 menit per orang dengan rincian proses sebagai berikut:
1. Proses registrasi (5 menit): pendaftaran, pemeriksaan dokumen, mendapatkan nomor antrean, pengisian surat pernyataan.
2. Proses pemeriksaan kesehatan (5 menit): pengukuran suhu tubuh, pemeriksaan tekanan darah, screening riwayat penyakit.
3. Proses vaksinasi (3 menit): pelaksanaan vaksin.
4. Proses observasi (20 menit): penilaian efek samping setelah vaksin, menunggu surat keterangan vaksinasi.
5. Proses penyelesaian (1 menit): mendapatkan surat keterangan vaksin dan setelahnya dapat meninggalkan lokasi vaksin.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs