Selasa, 26 Oktober 2021

Banjir Besar di Jerman, Sejumlah WNI Mengungsi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
banjir-jerman Banjir besar terjadi di Jerman. Setidaknya menyebabkan 81 orang meninggal, 1.300 orang hilang. Sejauh ini tidak ada WNI yang dilaporkan jadi korban. Foto: Antara

Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak banjir di Jerman telah mengungsi ke rumah-rumah WNI lainnya atau fasilitas pemerintah setempat.

Berdasarkan data KJRI Frankfurt, WNI yang terpaksa mengungsi terdiri dari lima keluarga yang tinggal di Bad Neuenahr-Ahrwelle dan dua keluarga di Erfstadt (Koeln).

“Saat ini kondisinya baik dan memiliki logistik yang cukup,” ujar Judha Nugraha Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI melalui pesan singkat, Sabtu (17/7/2021).

Judha memastikan sampai saat ini tidak ada laporan soal WNI menjadi korban jiwa akibat bencana tersebut. “KJRI Frankfurt memonitor terus perkembangan di lapangan dan mengupayakan bantuan kepada WNI terdampak,” katanya.

dampak-banjir-jerman
Seorang wanita melihat puing-puing yang dibawa oleh banjir di sebelah sungai Ahr, setelah hujan deras di Schuld, Jerman, Kamis (15/7/2021). Foto: Antara

Hingga Jumat (16/7/2021) kemarin, korban tewas akibat banjir parah di Jerman Barat bertambah menjadi 81 jiwa. Sekitar 1.300 orang di distrik Ahrweiler, Koeln selatan, hilang. Demikian keterangan pemerintah setempat melalui Facebook.

Jaringan telepon seluler di sejumlah daerah yang dilanda banjir terputus, sehingga keluarga dan rekan-rekan tidak dapat melacak kerabat mereka yang terdampak banjir parah sejak 200 tahun silam itu.

Pemerintah distrik Koeln menyatakan, seluruh komunitas hancur setelah sungai yang meluap menyapu kota dan desa di Negara Bagian North Rhine-Westphalia dan Rhineland-Palatinate.

Tidak hanya itu, pada Jumat pagi ketika banjir itu terjadi, rumah-rumah di Erftstadt dekat Koeln hancur. Tim penyelamat berjuang membantu warga yang nekat kembali ke rumah meski ada peringatan.

Horst Seehofer Menteri Dalam Negeri Jerman mengatakan kepada majalah Spiegel bahwa pemerintah federal berencana memberikan bantuan finansial kepada daerah yang terdampak secepat mungkin. Dia menambahkan, rencana itu harus diajukan kepada kabinet untuk mengantongi persetujuan.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Selasa, 26 Oktober 2021
30o
Kurs