Senin, 29 April 2024

Banjir di Beberapa Titik di Surabaya karena Pompa Air Terlilit Sampah

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Banjir di bawah tol Margomulyo arah ke Greges pada Kamis (3-/12/2021) malam yang mengakibatkan banyak kendaraan sepeda motor mogok. Foto: tangkapan layar video kiriman Melky via WA SS

Banjir dengan ketinggian beragam menggenangi Kota Surabaya akibat hujan deras dari Kamis (30/12/2021) sore hingga malam.

Beberapa pengakses Suara Surabaya melaporkan genangan air terjadi di Jalan Basuki Rahmat, Jalan Embong Malang, Kaliasin, Kedungdoro, Dupak, Asemrowo, hingga Margomulyo.

Erna Purnawati Kadis PU Bina Marga Pematusan Kota Surabaya mengatakan, penyebab genangan di wilayah Surabaya Utara terjadi karena pompa di rumah pompa Greges terlilit sampah.

“Kalau di utara, di areanya pompa Greges, sebetulnya di situ ada enam pompa. Yang empat rusak kebulet sampah. Jadi hanya 2 yang beroperasi maksimal. Sampai saat ini belum bisa, harus diangkat pakai crane kemudian dibawa ke workshop yang punya merek (pompa). Butuh waktu seminggu,” kata Erna saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Kamis malam.

Sedangkan untuk banjir di tengah kota, seperti di Basuki Rahmat dan Embong Malang, penyebabnya karena semua air masuk ke rumah pompa Kenari. Banjir juga mengakibatkan kemacetan di ruas jalan tersebut selama beberapa waktu.

“Kemarin mau kita buat crossing tapi masih delay karena anggaran. Sebenarnya yang di Embong Malang itu pompanya yang di Kenari. Agar semua air tidak masuk ke Kenari, kita buatkan shortcut, kita masukkan ke pedestrian,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi agar banjir tidak terjadi di wilayah tersebut, Erna mengaku sudah membersihkan saluran air.

“Saluran sudah kita bersihkan semuanya, kemudian juga pedestrian di Simpang Dukuh sudah kita bangun. Tetapi tidak bisa menarik air yang dari Basra (Basuki Rahmat, red), belum terkoneksi,” pungkasnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs