Jumat, 26 April 2024

Banjir di Semarang Mulai Surut, Perjalanan KA Lintas Utara di Daop 8 Berangsur Normal

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Suasana Stasiun Tawang Semarang yang terendam banjir pada Sabtu (6/2/2021). Foto: Antara

Banjir di Semarang yang mulai berangsur surut pada Selasa (9/2/2021) membuat perjalanan Kereta Api (KA) menuju Jakarta dari Surabaya dan sebaliknya, yang melewati jalur utara melintasi Semarang sudah kembali normal.

Luqman Arif Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya menyampaikan, bahwa jalur rel KA antara Semarang Tawang dan Alastua sudah bisa dilewati kembali, hari ini sekira pukul 11.00. Rangkaian KA dapat melewati dengan kecepatan terbatas, yaitu 20 km per jam demi menjaga keselamatan kereta dan penumpang.

“Perbaikan dengan alat kerja oleh petugas KAI untuk meninggikan jalur rel terus dilakukan, hingga akhirnya dapat dilalui oleh 2 KPJR (Kereta Perawatan Jalan Rel) dalam melakukan penanganan. Penanganan juga terus dilanjutkan dengan 1 alat berat yakni excavator yang didatangkan dari Tanggung dan penambahan balas kricak dari Stasiun Kalibodri,” terang Luqman Arif.

Pada pukul 09.00, jalur hulu di petak jalan Semarang Tawang – Alastua berhasil dilalui untuk perjalanan KA, setelah dilakukan uji coba perjalanan dengan menggunakan Lokomotif. Dengan keberhasilan ini, sekitar pukul 09.55 maka jalur lintas utara khususnya di petak jalan Semarang Tawang – Alastua dinyatakan normal kembali untuk dilalui KA.

Luqman berharap, jalur rel KA menuju Semarang atau sebaliknya tidak lagi terendam banjir dengan segala upaya normalisasi dan perbaikan, karena sejumlah rangkaian KA keberangkatan mau pun kedatangan di Daop 8 Surabaya sempat terganggu perjalanannya akibat banjir itu.

“Normalisasi jalur yang dilakukan Daop 4 Semarang terus memaksimalkan jalur untuk bisa dilewati dengan kecepatan normal, dan meninggikan jalur hilir untuk mengoptimalkan fungsi double track. Dengan upaya ini PT KAI mohon maaf atas ketidaknyamanan akibat banjir di Daop 4 Semarang tersebut,” pungkas Luqman Arif.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs