Minggu, 18 April 2021

Banjir, Kereta Api dari Surabaya Tujuan Jakarta Batal Berangkat

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Perbaikan rel kereta api karena banjir mengakibatkan perjalanan kereta api dari Surabaya ke Jakarta, terkendala. Foto: Humas Daop 1 Jakarta

Banjir di sejumlah kawasan Jakarta, sejak Minggu (21/2/2021) sampai Senin (22/2/2021) mengakibatkan sekurangnya 7 kereta api (KA) dari Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya, akhirnya batal berangkat.

Ke 7 kereta api yang batal berangkat dari area daop 8 Surabaya dengan tujuan Jakarta, yaitu: 3 KA dengan tujuan Stasiun Jakarta Pasar Senen dan 4 KA tujuan Stasiun Jakarta Gambir.

“Dengan mempertimbangkan keselamatan, kondisi jalur rel yang terdampak banjir belum dapat dilalui untuk perjalanan Kereta Api, sehingga pada Senin 22 Februari 2021 seluruh perjalanan Kereta Api Jarak Jauh tujuan Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen kembali dibatalkan,” terang Lukman Arif Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Senin (22/2/2021).

Sejumlah kereta api jarak jauh tujuan Jakarta yang Senin (22/2/2021) dibatalkan, dengan tujuan Jakarta Pasar Senen, adalah KA Jayabaya relasi Malang – Pasar Senen; KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng – Pasar Senen; KA Dharmawangsa relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen.

“Sedangkan tujuan Jakarta Stasiun Gambir, diantaranya KA Argo Bromo Anggrek pagi relasi Surabaya Pasarturi – Gambir; KA Gajayana relasi Malang – Gambir; KA Bima relasi Surabaya Gubeng – Gambir; KA 76 Argo Bromo Anggrek malam relasi Surabaya Pasarturi – Gambir,” tambah Lukman.

Cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia termasuk Jakarta mengakibatkan beberapa perjalanan Kereta Api (KA) jarak jauh, seperti dari Surabaya ke Jakarta jadi terhambat. Di area PT KAI Daop 1 Jakarta dampak dari cuaca ekstrem terjadi di petak jalan antara Stasiun Kedunggedeh – Lemah Abang Km 55 +100 sampai dengan KM 53+600 yang sempat terendam banjir pada Minggu (21/2/2021).

Banjir dengan ketinggian air sampai dengan 150 cm di atas kop rel, saat itu tidak hanya membuat jalur rel tergenang, namun banjir yang mengalir cukup deras juga mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus air sehingga memerlukan waktu untuk proses perbaikan prasarana jalur rel.

“Karena itu kami membatalkan seluruh perjalanan kereta api menuju Jakarta. Sekaligus kami berikan kesempatan kepada pelanggan kami yang sudah membeli tiket untuk menukar jadwal keberangkatan atau menukar tiket,” pungkas Lukman.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Minggu, 18 April 2021
33o
Kurs