Senin, 29 April 2024

Bertemu Jokowi, Erdogan Presiden Turki Sampaikan Rencana Berkunjung ke Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden RI bertemu Recep Tayyip Erdogan Presiden Turki, di sela acara KTT G20, di Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021). Foto: biro pers setpres

Joko Widodo Presiden, Sabtu (30/10/2021) waktu Italia, mengadakan pertemuan bilateral dengan Recep Tayyip Erdogan Presiden Turki.

Keduanya bertemu di sela rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20).

Ada sejumlah hal yang dibahas Jokowi dan Erdogan, salah satunya sehubungan rencana kunjungan kenegaraan Presiden Turki ke Indonesia.

Pada kesempatan itu, Jokowi menyatakan siap menyambut kedatangan Erdogan yang rencananya melawat ke Indonesia pada Januari atau Februari 2022.

Presiden RI berharap kunjungan Erdogan makin mempererat hubungan Indonesia-Turki.

“Saya menantikan kunjungan Yang Mulia ke Indonesia sekitar bulan Januari atau Februari 2022. Saya yakin kunjungan Yang Mulia akan makin mempererat hubungan Indonesia-Turki,” ujar Jokowi.

Terkait kunjungan kenegaraan itu, Jokowi dan Erdogan menugaskan menteri luar negeri untuk melakukan berbagai persiapan termasuk meluncurkan mekanisme strategis tingkat tinggi.

Lebih lanjut, dalam pertemuan itu, Presiden RI dan Presiden Turki membahas rencana pembentukan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif antara Indonesia dan Turki (IT-CEPA).

Jokowi Presiden optimistis IT-CEPA akan memperkuat kerja sama ekonomi kedua negara.(rid/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs