Senin, 27 September 2021

Blusukan di Bogor, Presiden Temukan Masalah Ketersediaan Obat Terapi Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden mengecek ketersediaan obat Covid-19 di salah satu apotek daerah Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/7/2021). Foto: biro pers setpres

Joko Widodo Presiden, Jumat (23/7/2021) siang, mengecek ketersediaan beberapa jenis obat dan suplemen yang dibutuhkan masyarakat untuk penanganan Covid-19, di apotek daerah Kota Bogor, Jawa Barat.

Dalam kunjungan dadakan itu, Presiden mengetahui langsung di lapangan ada beberapa jenis obat dan vitamin yang tidak tersedia.

Mengetahui ada persoalan ketersediaan obat, Presiden menelepon Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan. Jokowi minta masalah itu segera diselesaikan.

“Pak Menkes, ini saya cek ke apotek di Bogor. Saya cari obat antivirus Oseltamivir, enggak ada. Cari lagi, obat antivirus yang Favipiravir juga enggak ada, kosong. Saya cari yang antibiotik, Azithromycin, juga enggak ada,” ujar Presiden kepada Menkes.

Sesudah melakukan pengecekan, Menkes memberikan data terkait stok obat-obatan yang dicari Presiden tersebut di sejumlah apotek lain di Kota Bogor.

“Itu ada data online yang ada di rumah sakit, nah itu bisa dilihat berdasarkan kota berikut apoteknya, Kimia Farma, Century, Guardian, dab K24,” jelas Menkes lewat telepon.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan meluncurkan situs https://farmaplus.kemkes.go.id/ untuk memudahkan masyarakat mengecek ketersediaan obat dan vitamin, terutama bagi pasien Covid-19.

Situs tersebut mencakup lebih dari 2.100 apotek di seluruh wilayah Indonesia.

Presiden pun menyarankan masyarakat yang membutuhkan obat dan vitamin mengecek situs resmi Kementerian Kesehatan.

“Anda bisa mengecek ketersediaan obat dan vitamin itu melalui situs https://farmaplus.kemkes.go.id/ yang sekarang mencakup lebih dari 2.100 apotek di seluruh provinsi di Indonesia,” tegas Jokowi.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Mobil Terperosok di depan RSAL dr Ramelan A.Yani

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Surabaya
Senin, 27 September 2021
28o
Kurs