Jumat, 10 Mei 2024

BMKG Minta Masyarakat Pesisir Selatan Yogyakarta Waspadai Gelombang Tinggi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Gelombang laut tinggi. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta mengimbau nelayan dan wisatawan yang beraktivitas di pesisir selatan Yogyakarta mewaspadai gelombang laut yang tingginya diperkirakan mencapai 2,5 sampai 3,5 meter selama beberapa hari ke depan.

“Kondisi ini wajib diwaspadai bagi wisatawan di sekitar pesisir pantai dan bagi nelayan dengan perahu (berukuran) kecil-menengah,” kata Indah Retno Wulan Prakirawan Stasiun Klimatologi Mlati BMKG Yogyakarta, dikonfirmasi Antara, Senin (12/4/2021).

Indah mengatakan gelombang laut dengan kategori tinggi itu diperkirakan terjadi di pesisir selatan Yogyakarta hingga 16 April 2021.

Menurut Indah, gelombang tinggi tersebut terjadi karena saat ini muncul gangguan cuaca berupa beberapa tekanan udara rendah di selatan Jawa dengan tekanan 971 sampai 1010 hpa.

Selain itu, naiknya gelombang laut juga dipicu perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan antara belahan bumi bagian selatan bertekanan 971 hpa dengan belahan bumi bagian utara bertekanan 1012 hpa di Teluk Benggala.

Perbedaan tekanan udara itu, kata dia, yang kemudian meningkatkan kecepatan angin di wilayah perairan dan selanjutnya memicu gelombang tinggi.

Untuk meningkatkan kewaspadaan warga DIY, BMKG Yogyakarta telah mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi di Perairan Selatan Yogyakarta.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs