Selasa, 23 April 2024

BPBD Lumajang: Erupsi Semeru Kali Ini seperti 2020 Lalu

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Guguran awan panas Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021). Foto: Istimewa

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang mengatakan, erupsi gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) hampir sama seperti erupsi yang terjadi pada 1 Desember 2020 lalu. Yakni luncuran lava pijar dan guguran awan panas mengarah ke Curah Kobokan yang berada di sisi tenggara puncak kawah.

“Gunung Semeru mengeluarkan awan panas. Guguran (lava) sudah meluncur ke Curah Kobokan seperti 2020 kemarin. Sama jalurnya, titiknya sama,” kata Wawan Hadi Siswoyo Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu sore.

Saat ini, warga yang berada di Dusun Curah Konokan dan Dusun Kajar Kuning sudah dievakuasi ke Desa Sumberwuluh, karena kondisi di daerah itu gelap gulita dengan awan hitam pekat dan aliran listrik mati.

Bahkan, nyala lampu senter pun tidak bisa berfungsi optimal karena pekatnya kabut abu ditambah hujan yang sangat deras.

Baca juga: Semeru Erupsi, Dua Kecamatan di Lumajang Gelap Gulita

“Saat ini gelap, hujan. Senter pun tidak bisa nembus kabut. Kami saat ini koordinasi dengan pos pengamat, kebetulan di sana juga padam. Yang kami andalkan sekarang genset dan kami kirim genset ke sana juga,” ujarnya.

Wawan mengatakan, lahar dingin yang bercampur dengan air hujan membuat gumpalan lava yang mengeluarkan asap yang akan berbahaya jika terhirup warga.

Saat ini, BPBD Lumajang masih melakukan pendalaman dan melakukan asesmen untuk mendata berapa jumlah warga yang terdampak akibat erupsi ini.(tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
32o
Kurs