Sabtu, 13 Agustus 2022

BPOM Menilai Vaksin Covid-19 AstraZeneca Batch CTMAV547 Aman Digunakan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Seorang pekerja medis menyiapkan dosis vaksin Covid-19 AstraZeneca di pusat vaksinasi. Foto: ndtv.com

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan Vaksin Covid-19 AstraZeneca kelompok produksi (batch) CTMAV547 aman untuk disuntikkan kepada masyarakat.

Lewat keterangan resmi yang dirilis hari ini, Kamis (27/5/2021), BPOM menegaskan hal itu berdasarkan hasil uji toksisitas abnormal dan sterilitas vaksin, sesudah adanya laporan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) serius.

Kesimpulan dari pengujian BPOM, tidak ada kaitan antara mutu Vaksin Covid-19 AstraZeneca batch CTMAV547 dengan laporan KIPI serius.

Dalam menelusuri laporan KIPI, BPOM bekerja sama dengan Komisi Nasional Pengkajian dan Penanggulangan (Komnas PP) KIPI, serta Komisi Daerah Pengkajian, dan Penanggulangan (Komda PP) KIPI.

Merujuk hasil pengujian itu, BPOM menilai, Vaksin Covid-19 AstraZeneca Batch CTMAV547 bisa dipakai lagi dalam Program Vaksinasi Nasional.

BPOM menegaskan akan terus memantau keamanan vaksin yang dipakai di Indonesia, dan menindaklanjuti laporan kejadian pascaimunisasi bersama Kementerian Kesehatan dan Komnas PP KIPI.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menyetop sementara distribusi dan penggunaan 448,480 Vaksin Covid-19 AstraZeneca Batch CTMAV547 dalam Program Vaksinasi Nasional.

Penghentian itu bentuk kehati-hatian pemerintah, sesudah ada laporan tiga orang meninggal dunia diduga karena vaksin AstraZeneca.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 13 Agustus 2022
24o
Kurs