Sabtu, 20 April 2024

BPOM RI: Keberhasilan Vaksinasi Jatim Membawa Arti Besar untuk Indonesia

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilutrasi. Lansia bersiap menerima vaksinasi

Yudi Noviandi Direktur Pengawasan Distribusi dan Pelayanan Obat dan Napsah BPOM RI mengatakan, keberhasilan vaksinasi di Jawa Timur dapat memberi dampak besar untuk suksesnya vaksinasi di Indonesia.

“Karena Jawa Timur salah satu provinsi dengan jumlah penduduk yang tinggi, tentunya keberhasilan vaksinasi di Jawa Timur membawa arti besar untuk Indonesia karena populasinya ada 38 kabupaten di dalamnya. Dengan pengelolaan yang baik, herd immunity  bisa tercapai dengan vaksin yang bermutu,” kata Yudi kepada Radio Suara Surabaya di sela-sela lawatannya ke Jawa Timur, Selasa (23/2/2021).

Dalam hasil pemantauannya yang dilakukan di gudang penyimpanan vaksin milik Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, gudang penyimpanan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dan puskesmas Sidoarjo hari ini, ia menilai penyimpanan vaksin sudah sesuai dengan standarnya.

Ia pun berharap agar pengelola vaksin/vaksinator atau dalam hal ini Pemerintah Daerah tidak hanya memperhatikan tentang ketersediaan vaksin, tapi juga harus memperhatikan bagaimana menjaga mutu vaksin agar tetap baik sampai vaksin disuntikkan di masyarakat.

“Karena vaksin datang dengan mekanisme dan izin edar yang penuh upaya, kita juga mengawal sampai proses distribusinya,” tegasnya.

Yudi Novianto juga mengimbau agar masyarakat tidak takut untuk divaksinasi, karena vaksin terbukti aman berdasarkan hasil uji klinis.

“Vaksin ini aman berdasarkan hasil uji klinisnya, masyarakat tidak perlu takut. Dengan vaksinasi manfaat akan dirasakan, herd immunity dapat tercapai dan insya Allah kita bisa keluar dari pandemi ini,” pungkasnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs