Jumat, 19 April 2024

Bupati Nias Barat Memastikan, Tidak Ada Kerusakan Akibat Gempa

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi gempa. Grafis: Gana suarasurabaya.net

Khenoki Waruwu Bupati Nias Barat, Sumatera Utara, memastikan gempa bumi tektonik magnitudo 7,2 yang dimuktahirkan menjadi magnitudo 6,7 pada Jumat (14/5/2021) siang tidak menimbulkan kerusakan signifikan di daerah itu.

“Memang warga tadi sempat panik ketika terjadi gempa, tetapi situasi sudah aman saat ini dan tidak ada terjadi kerusakan,” katanya seperti dilansir Antara, Jumat.

Dia juga memberikan imbauan agar masyarakat Nias Barat tidak panik dan merasa resah. Meski begitu, dia meminta masyarakat tetap waspada dan segera ke luar rumah apabila terjadi gempa susulan untuk berjaga-jaga.

“Kami sudah imbau masyarakat agar tidak panik, tetapi tetap waspada dan situasi kini aman dan terkendali,” ujar Bupati Nias Barat itu.

Sebelumnya sesuai keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (Bmkg) Gunungsitoli gempa bermagnitudo 7,2 yang dimuktahirkan 6,7 mengguncang Kepulauan Nias sekitar pukul 13.33 WIB.

Berdasarkan data dari sumber yang sama, pusat gempa berada sejauh 141 kilometer barat daya Kabupaten Nias Barat dengan kedalaman 19 kilometer.

Gempa itu tidak berpotensi tsunami, namun sejumlah gempa susulan kembali terjadi pukul 16,16 WIB dengan magnitudo 5,3 dengan lokasi 156 kilometer barat daya Nias Barat dengan kedalaman 11 kilometer.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs