Sabtu, 15 Mei 2021

Dianggap Lecehkan Perempuan, Dokter yang Viral di TikTok Minta Maaf

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Dokter Kevin Samuel Marpaung akhirnya meminta maaf setelah ramai video unggahannya di media sosial TikTok tentang persalinan dianggap melecehkan perempuan. Foto: Istimewa

Setelah ramai video unggahannya di media sosial TikTok tentang persalinan yang dianggap melecehkan perempuan, Dokter Kevin Samuel Marpaung akhirnya meminta maaf.

Dalam video yang berdurasi tidak sampai satu menit yang diterima suarasurabaya.net, Dokter Kevin meminta maaf kepada seluruh masyarakat khususnya perempuan.

“Kepada seluruh masyarakat, teman-teman netizen dan khususnya kaum wanita saya dokter Kevin minta maaf sebesar-besarnya atas video konten saya mengenai pembukaan, dimana di video tersebut saya tidak berhati-hati memilih soundtract dan memasang ekspresi wajah yang terkesan melecehkan,” ujarnya.

Dalam video permintaan maafnya, ia mengatakan setelah ini ia akan lebih fokus untuk membuat video-video yang edukatif.

“Untuk kedepannya saya lebih berhati-hati dalam membuat video konten dan akan lebih berfokus untuk membuat video konten yang lebih mengedukasi,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Sabtu (17/4/2021) kemarin, Dokter Kevin mendapat banyak kecaman dari masyarakat atas video yang ia unggah di akun TikTok-nya @dr.kepinsamuelmpg yang dianggap melecehkan perempuan.

Banyak netizen yang menganggap, video tersebut dapat memunculkan stigma bagi para wanita hamil sehingga takut memeriksakan kandungan ke dokter pria dan akan berpengaruh pada kesehatan ibu dan janinnya.

Bahkan, beberapa public figure seperti Alissa Wahid, meminta agar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberikan sanksi atas tindakan dokter Kevin karena dianggap melanggar kode etik kedokteran.

Sebelumnya, Koalisi Masyarakat Sipil Anti Kekerasan Seksual (Kompaks) mengecam konten tersebut karena reka adegan dilakukan dengan memberi candaan bernuansa seksual yang merendahkan perempuan.

Kompaks pun miminta mencabut SIP dan keanggotaan IDI dokter yang bersangkutan.(tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Wadungasri Macet

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Sabtu, 15 Mei 2021
33o
Kurs