Jumat, 19 April 2024

Diharap Jadi Ikon Baru Kota Surabaya, ITS Akan Membangun Tiga Gerbang dan Satu Tugu

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Eri Cahyadi Walikota Surabaya saat audiensi bersama Ashari Rektor ITS. Foto: humas ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berencana membangun tiga gerbang baru dan sebuah tugu untuk menjadi penanda sekaligus diharapkan menjadi ikon baru di kawasan Surabaya Timur.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mendukung rencana itu saat audiensi dengan Prof Dr Ir Mochamad Ashari Rektor ITS di Graha Sepuluh Nopember ITS, Sabtu (4/9/2021). Eri pun berharap gerbang baru ITS benar-benar menjadi ikon baru di Kota Surabaya.

Rencana pembangunan tiga gerbang ITS yang baru itu siap direalisasikan. Di hadapan Eri, Rektor ITS yang akrab disapa Ashari menyampaikan bahwa gerbang ini selain menjadi penanda area kampus juga untuk memperelok lingkungan ITS di Sukolilo, Surabaya.

Lebih lanjut, Ashari menyampaikan bahwa gerbang baru itu nantinya sekaligus akan menjadi penanda area atau wilayah kampus ITS.

“Harapannya, pengendara yang memasuki wilayah kampus dapat lebih berhati-hati dalam berkendara,” terang Ashari saat melakukan pertemuan yang berlangsung di Ruang Bromo tersebut.

Ir Rachmad Basuki Kepala Subdirektorat Pengawasan Implementasi Master Plan ITS memaparkan rancangan desain pembangunan gerbang ITS yang nantinya ada di sisi barat (arah Jalan Kertajaya), sisi utara (arah Jalan Mulyosari), dan sisi selatan (arah Jalan Arief Rahman Hakim) itu.

Dia menjelaskan, tiga gerbang ITS akan mulai dibangun pada 2022 mendatang, diawali dengan pembangunan gerbang sisi utara. Pembangunan gerbang sisi utara ini nantinya akan berupa pembangunan tugu bundaran.

“Desain yang ikonik ini dapat dimanfaatkanatkan warga untuk ber-swafoto,” papar Rachmad, Sabtu (4/9/2021).

Di akhir pemaparannya, Rachmad secara rinci menyampaikan bahwa permohonan ijin akan realisasi tugu bundaran ITS ini langsung ditujukan kepada Pemkot Surabaya.

“Jalan umum akan tetap bisa digunakan publik, namun dengan pemandangan yang lebih indah tentunya,” ujar dosen Departemen Teknik Infrastruktur Sipil ini.

Melihat pemaparan desain itu, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengaku puas dengan rancangan desainnya dan siap mendukung pembangunan tiga gerbang ini dan pembangunan bundaran ITS yang baru.

“Tugu di sisi utara ini ke depannya bisa menjadi ikon baru Kota Surabaya,” kata Eri yang juga alumnus Magister Manajemen Teknologi ITS ini.

Eri berharap bahwa dengan adanya pembangunan gerbang ini, penataan Kota Surabaya dapat menjadi lebih baik dan maju.

Eri menambahkan bahwa proyek ini juga merupakan bentuk kolaborasi antara perguruan tinggi dan Pemkot Surabaya.

“Saya harap ke depannya akan lebih banyak kolaborasi yang muncul untuk saling bersinergi mewujudkan Surabaya yang lebih maju,” kata Eri.(tok/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs