Sabtu, 4 Mei 2024

Doni Monardo: Diskusi Soal Lingkungan dengan Bu Mega Bisa Berjam-jam

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Letjen TNI Doni Monardo Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. Foto: Istimewa

Doni Monardo Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan pihaknya merasakan langsung bagaimana seorang Megawati Soekarnoputri, Presiden RI Kelima yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), membantu penanganan bencana lewat pengetahuan luasnya atas alam.

Menurut Doni, Megawati adalah salah satu tokoh nasional yang punya pengetahuan sangat banyak tentang jenis vegetasi Tanah Air.

“Berbagai jenis tanaman beliau kenali dan juga beliau koleksi. Berbicara tentang masalah tanaman, lingkungan, dan vegetasi serta environment dengan Ibu Mega, bisa menghabiskan waktu berjam-jam tanpa terasa,” kata Doni dalam acara peluncuran buku “Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam”, di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Dia mengatakan, satu diantara pernyataan yang selalu diingat pihaknya di BNPB adalah bagaimana Megawati memilih vegetasi seperti Cemara Udang untuk mengatasi abrasi pantai.

“Ini mencegah atau melindungi dari tsunami. Serta pohon Laban yang mampu mengurangi risiko kebakaran hutan dan lahan,” kata Doni.

Lebih jauh, Doni mengatakan buku “Merawat Pertiwi” adalah salah satu buku yang bisa menjadi referensi bagi semua orang. Khususnya agar lebih mencintai apa yang ada di seluruh pelosok negeri.

“Salam tangguh, salam kemanusiaan,” tegas Doni.(faz/bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
25o
Kurs