Jumat, 29 Maret 2024

Down Hingga 6 Jam, Ini Penjelasan Facebook, Instagram dan WhatsApp

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi

Tiga layanan dari grup Facebook yaitu Facebook, WhatsApp dan Instagram dilaporkan mengalami down pada Senin (4/10/2021) malam selama enam jam lamanya. Ketiga perusahaan tersebut memberikan sejumlah penjelasan resmi terkait hal itu.

“Kami mengetahui bahwa beberapa pengguna mengalami masalah mengakses aplikasi dan produk-produk kami. Kami bekerja agar semua dapat kembali normal secepatnya, dan kami meminta maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata Facebook dikutip Antara dari laman Twitternya, Selasa (5/10/2021).

Menilik laporan laman Downdetector pada Selasa pagi, aplikasi WhatsApp sendiri mulai mendapatkan laporan kendala dari pengguna pada Senin (4/10/2021) pukul 23.00 WIB. Setidaknya sebanyak 35 ribu lebih laporan diterima, mengeluhkan soal aplikasi, koneksi server, dan lamanya pengiriman pesan.

“Kami menyadari bahwa beberapa pengguna mengalami isu dengan WhatsApp saat ini. Kami bekerja keras untuk membuatnya kembali ke normal dan kami akan mengirimkan update terbaru secepatnya. Terima kasih atas kesabarannya,” cuit WhatsApp.

Pun dengan Instagram yang mendapatkan lebih dari 90 ribu laporan akan aplikasi yang bermasalah, laman web, dan feed.

“Instagram dan kawan-kawan sedang mengalami sedikit kesulitan sekarang, dan Anda mungkin juga menghadapi isu-isu tertentu saat menggunakannya. Kami sedang bekerja keras mengatasinya,” kata Instagram melalui Twitter, pukul 23.25 WIB.

Di Twitter, hingga berita ini ditulis, tagar #WhatsAppDown telah dicuitkan lebih dari 1,5 juta cuitan, #WhatsApp dengan 3 juta lebih cuitan, serta #InstagramDown dan #Facebookdown dicuitkan warganet masing-masing setidaknya lebih dari 100 ribu cuitan.

Sekira 15-50 menit sebelum berita ini dibuat, Facebook, Instagram, dan WhatsApp masing-masing membuat cuitan tambahan mengenai update terkini dari masalah down tersebut.

“Instagram secara perlahan kembali normal. Terima kasih dan maaf sudah membuat Anda menunggu,” kata Instagram.

“Untuk komunitas masyarakat dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada layanan kami, kami meminta maaf. Kami telah bekerja keras untuk mengembalikan akses ke aplikasi dan layanan kami, dan kami senang untuk melaporkan bahwa mereka telah kembali. Terima kasih untuk kesabarannya,” cuit Facebook.

WhatsApp juga menulis, “Kami meminta maaf untuk semuanya yang belum bisa menggunakan WhatsApp hari ini. Kami perlahan dan secara hati-hati membuatnya berfungsi lagi. Terima kasih atas kesabarannya dan kami akan terus memberikan update jika ada informasi yang perlu kami bagi.”(ant/iss/rst)

Berita Terkait

Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down


Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs