Jumat, 29 Maret 2024

DPR RI Fraksi Nasdem Dorong Syaikhona Kholil Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Hasan Aminudin Ketua DPP Nasdem Bidang Keagamaan dan Budaya. Foto: Istimewa

Hasan Aminudin Pengurus Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Bidang Keagamaan dan Budaya bilang, Fraksi Nasdem DPR RI mendorong pemerintah menetapkan Syaikhona Kholil jadi pahlawan nasional.

Usulan itu dibahas dalam Seminar Nasional dengan tema ‘Syaikhona Kholil Guru Para Pahlawan’ yang digelar di salah satu hotel yang ada di Jalan Darmo, Surabaya, Sabtu (20/3/2021).

Hasan menegaskan, fraksinya sangat mendorong pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada Almarhum Syaikhonan Kholil yang merupakan ulama berpengaruh dari Kabupaten Bangkalan.

“Sebenarnya kami Nasdem mengingatkan kepada Pemerintah agar supaya memberikan gelar pahlawan kepada Syaikhona Kholil, guru dari banyak pahlawan dan Waliyulloh di Republik ini,” kata Hasan.

Pengangkatan gelar itu dia targetkan berjalan tahun ini, mengingat rencana itu sudah dilakukan sejak lama dan telah melalui kajian intens. Sebab, menurutnya, jasa ulama asal Madura itu sangat besar.

“Apa kontribusi Syaikhina Kholil? Hubbul Wathon Minal Iman, cinta tanah air bagian dari iman, tulisan tangan beliau,” tegas Hasan.

“Semestinya negara berkewajiban memberikan gelar kepada warga yang banyak menanam dalam sejarah Republik yang kita cintai dan ajarannya memberikan kontribusi terhadap orang yang lain,” katanya

Abdul A’la dalam sambutannya secara virtual sebagai salah satu tim kajian akademik menyatakan, penetapan Shaikhona Kholil sebagai pahlawan nasional tidak punya alasan untuk ditunda.

“Keniscayaan penundaan Syaikhona Kholil sebagai Pahlawan Nasional sudah tidak ada lagi alasan untuk ditunda,” katanya.

Sejumlah riset akademis, historis, maupun kebudayaan telah dia lakukan. Bahkan partai Nasdem juga berkirim surat kepada kedutaan besar Indonesia di negara Belanda untuk meminta salinan sejarah yang terdokumentasi di negara Belanda.(den/iss/ras)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs