Rabu, 8 Mei 2024

EMMA dan MECA Sukses Gelar Kontes Audio Mobil dengan Prokes Ketat

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Kontes Audio Mobil sukses digelar di EMMA dan MECA di halaman Suara Surabaya Centre, (2-3/oktober/2021). Foto : Manda Roosa suarasurabaya.net

Acara EMMA (European Mobile Media Association) 2021 sukses digelar di Food Traffic Suara Surabaya Centre, tanggal 2-3 Oktober 2021.

Dengan menerapkan protokol Kesehatan yang ketat, acara ini diikuti oleh beberapa komunitas pencinta Modifikasi Audio mobil dari wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Robert Adrianto, event director EMMA mengatakan, event ini sengaja diadakan dengan maksud dan tujuan sebagai ajang bagi para komunitas mobil terutama yang yang menyukai dan hobi modifikasi audio.

Setelah tertunda beberapa kali karena pandemi, akhirnya kompetisi ini terwujud, bertempat di Kota Surabaya.

“Jika tahun-tahun sebelumnya kami gencar mempromosikan kegiatan ini, tahun ini karena masih pandemi kami hanya membatasi untuk komunitas saja,” terangnya.

Jumlah kendaraan yang mengikuti kontes ini per hari sekitar 40 mobil. “Penjurian kami bagi dua shif, ada yang pagi dan siang. Ini untuk menghindari penumpukan peserta,” jelasnya.

Juri-juri yang hadir dan bertugas menilai penampilan dan performa masing-masing peserta didatangkan langsung dari Jakarta.

“Biasanya ada dua kelas yang dikompetisikan, yaitu song quality dan song quality loud, tapi kali ini hanya song quality saja, sebab kalau song quality loud berisiko menimbulkan kerumuman massa,” kata Robert.

Kelas song quality terbagi menjadi beberapa kelas, yaitu entry, skill, master dan expert.

Untuk bisa mengikuti kontes ini tentu membutuhkan biaya yang cukup besar, karena pemilihan audio yang digunakan terbilang sangat mahal serta pengaturan suaranya harus diatur sedemikian agar bisa menjadi pemenang.

Hal ini diakui oleh Derian, peserta yang datang dari Gresik yang memodifikasi audio Honda Jazz miliknya. Kata derian, konsep audionya sederhana saja, bisa utuk penggunaan harian dan kontes.

“Pemasangan speaker tidak menutupi kaca terlalu banyak, jadi blind spot mengemudi tetap aman, kemudian pemasangan instalasi juga aman, artinya speaker dilindingi besi atau rijing,” papar derian yang mengaku mengeluarkan budget Rp10 Juta untuk memodif audio mobil kesayangannya. (man/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
25o
Kurs