Kamis, 13 Mei 2021

Enam Polres di Jatim Dapat Penghargaan Kategori Pelayanan Prima

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
12 Polres yang mendapat penghargaan dari Kemenpan RB. Foto : Faiz

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan penghargaan kepada 12 Polres yang meraih nilai A atau predikat Pelayanan Prima.

Dari 12 Polres tersebut, enam diantaranya dari Jawa Timur, masing-masing Polrestabes Surabaya, Polres Malang, Polresta Sidoarjo, Polres Gresik, Polres Malang Kota, dan Polres Banyuwangi.

Sedang enam lainnya yakni Polresta Pekanbaru, Polrestabes Palembang, Polrestabes Bandung, Polresta Cirebon, Polres Kulonprogo, dan Polres Sleman.

Acara pemberian penghargaan berlangsung secara virtual dan bertempat di gedung Rupatama Mabes Polri, Selasa (16/2/2021).

Aspek yang menjadi dasar penilaian oleh Kemenpan RB adalah Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme SDM, Sarana dan Prasarana, Sistem Informasi dan Pelayanan Publik, Konsultasi dan Pengaduan, serta Inovasi Pelayanan Publik.

Penghargaan diberikan langsung oleh Tjahjo Kumolo Menpan RB dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hadir dalam acara tersebut Jendral Listyo Sigit Prabowo Kapolri, Firli Bahuri Ketua KPK, seluruh Kapolda dan Kapolres yang menerima penghargaan.

Jendral Listyo Sigit Prabowo Kapolri mengharapkan agar prestasi 12 satuan kerja Polres ini bisa memotivasi yang lain, sehingga Polri secara nasional bisa seragam memberi pelayanan prima kepada masyarakat.

“Hal ini tentunya kita harapkan bisa memberikan motivasi bagi rekan-rekan yang lain, sehingga bisa melakukan langkah-langkah yang sama. Harapan saya secara nasional seluruh pelayanan yang tadi di evaluasi serta dilakukan penilaian ini betul-betul bisa dilaksanakan seragam,” tegas Kapolri dalam pidato Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polri Tahun 2020.

“Oleh karena itu, terima kasih, tadi sudah dilaksanakan evaluasi dan didapatkan 12 Satker Polri yang mendapat kategori pelayanan prima dengan predikat A,” imbuhnya.

Sigit sangat mengapresiasi terhadap upaya-upaya dan inovasi yang telah dilakukan 12 Polres tersebut dan berharap Polda maupun Mabes Polri juga bisa melakukannya.

“Dan tentunya harapan saya, inovasi tersebut tidak berhenti hanya sampai di 12 Polres ini. Ke depan seperti tadi saya sampaikan bisa dilakukan secara nasional, tidak hanya sampai di level Polres tapi Polda pun juga harus bisa. Dan Mabes Polri juga, sehingga yang diberikan tidak bersifat parsial tapi semua merasakan standar kualitas yang sama, kualitas prima yang sama,” tegasnya.

Untuk itu, Kapolri minta semua jajarannya segera menyiapkan roadmap dalam memberikan pelayanan publik.

“Oleh karena itu tolong ini disiapkan roadmap nya, kemudian tahapan-tahapan pencapaiannya, sehingga kemudian semuanya bisa diukur,” pungkas Sigit.(faz/tin/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Wadungasri Macet

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Kamis, 13 Mei 2021
30o
Kurs