Rabu, 17 April 2024

Erupsi Gunung Raung, Warga Rasakan Mata Perih Saat Berkendara

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Gunung Raung yang terletak di antara Banyuwangi, Jember dan Bondowoso, erupsi dan abu vulkanik dirasakan sejumlah wilayah di Banyuwangi, Minggu (7/2/2021) Foto: Humas Pemkab Banyuwangi

Abu vulkanik erupsi Gunung Raung mulai menghujani di sejumlah wilayah di Banyuwangi, Jawa Timur, sejak beberapa hari terakhir dan bahkan warga merasakan perih pada mata saat berkendara.

Eka Muharam Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi meminta kepada warga untuk tetap tenang dengan sebaran abu vulkanik gunung api yang sudah menghujani wilayah Banyuwangi.

“Sesuai dengan koordinasi yang dilakukan dengan petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, hujan abu masih dirasa aman,” katanya di Banyuwangi, Minggu (7/2/2021).

Namun demikian, pihaknya meminta kepada warga untuk melengkapi kacamata dan masker saat akan berkendara, khususnya kendaraan roda dua.

“Kami imbau masyarakat menggunakan masker dan kacamata saat akan keluar rumah,” ucapnya seperti yang dilansir Antara.

Burhan Alethea Petugas Pos Pengamawatan Gunung Api (PPGA) Raung membenarkan kolom asap erupsi Gunung Raung mencapai 1.000 meter di atas puncak kawah.

Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal.

“Asap atau abu mengarah ke Tenggara-Timur. Sudah banyak laporan kepada kami, tadi juga abu juga menghujani kantor PPGA Raung,” tuturnya.

Kata Burhan, untuk aktivitas vulkanik Gunung setinggi 3.332 mdpl itu tidak banyak perubahan, dan petugas PPGA Raung mencatat adanya tremor menerus (microtremor) terekam dengan amplitudo 3-20 mm (dominan 6 mm).

“Aktivitas vulkanik biasa saja tidak ada peningkatan. Hanya saja secara visual yang sedikit berbeda,” ujarnya.

Arum Anugerah, salah seorang warga Olehsari, Banyuwangi bilang, teras depan rumah miliknya penuh abu vulkanik yang cukup tebal, dan warga juga merasakan perih di mata saat berkendara.

“Waktu saya keluar rumah saya melihat teras depan rumah saya sudah dipenuhi abu, kendaraan saya juga yang parkir sudah banyak abunya,” tuturnya.

Sejak Rabu (20/1/2021) Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu mengalami erupsi.

Selanjutnya pada Kamis (21/1/2021) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan aktivitas vulkanik Gunung Raung naik dari Level I (normal) menjadi Level II (Waspada).(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs