Minggu, 25 Februari 2024

Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital 2021 Hadir di Surabaya

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Dok. aktivitas di Koridor Coworking Space sebelum pandemi Covid-19. Foto : Humas Pemkot

Muhammad Fikser Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memastikan, program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital yang digagas Kemenkominfo sejak 2016 silam akan hadir di Surabaya.

Pada 2021 ini, program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital akan dilaksanakan di 20 daerah. Satu dari puluhan daerah itu, salah satunya adalah Kota Pahlawan.

“Ini adalah programnya Kementerian Kominfo. Ada beberapa kota yang dinilai bisa melaksanakan kegiatan pembinaan startup digital secara sustainable. Salah satunya Surabaya,” katanya, Jumat (10/9/2021).

Sebelumnya, program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital 2020 telah dilaksanakan di 17 kota di Indonesia dan dibagi dalam beberapa tahap.

Tahap pertama adalah Ignition, yakni seminar untuk memaparkan permasalahan utama yang ada di Indonesia.

Tahap kedua adalah workshop atau lokakarya, yang mana peserta akan mendapat pembekalan keahlian yang mereka butuhkan untuk membuat startup digital.

Sedangkan tahap selanjutnya adalah hacksprint, yang bertujuan untuk menghasilkan solusi dari masalah yang ditemukan saat workshop.

Lalu, para peserta ini akan memasuki tahap kemudian, yakni bootcamp, yang merupakan sesi mentoring mendalam tentang perkembangan startup yang mereka kerjakan.

Selanjutnya, di tahap akhir, mereka akan mengikuti incubation, yaitu tahapan pembinaan mendalam untuk mendapatkan atau menghasilkan minimum viable product (MVP).

Setelah tahap Incubation, startup akan berkantor di Koridor Coworking Space agar tetap terupdate progress perkembangannya.

Fikser menjelaskan, Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di Surabaya bakal diawali dengan “Road To Ignition” di Koridor Coworking Space pada Sabtu (11/9/2021).

Road to Ignition di Koridor itu bertujuan untuk meningkatkan animo masyarakat serta menyebarluaskan informasi mengenai kegiatan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.

“Jadi besok ini adalah Road to Ignition, belum Ignition. Ignition akan dilaksanakan akhir September. Pelaksanaannya bertahap sampai tahun depan, jadi benar-benar seperti kurikulum satu semester, itu melekat terus,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, ada beberapa rangkaian acara dalam “Road To Ignition” yang berlangsung besok. Di antaranya, webinar menghadirkan perwakilan Rektor dari Universitas di Surabaya, kepala dinas, serta alumni Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.

Startup Founder dari Koridor Coworking Space, serta perwakilan komunitas yang terkait juga akan menghadiri kegiatan tersebut.

Selain kegiatan itu, yang cukup adalah penandatanganan Nota Kesepakatan Sinergi (NKS) Program 1.000 Startup Digital antara pemkot yang diwakili Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya bersama Kementerian Kominfo yang diwakili Bonifasius Wahyu Pudjianto Direktur Pemberdayaan Informatika.

“Jadi Sabtu (11/9/2021) besok dalam Road To Ignition akan dilaksanakan penandatanganan NKS di Koridor Coworking Space yang dilakukan Pemkot Surabaya dengan pihak Kementerian Kominfo. Road To Ignition berlangsung dengan konsep hybrid di Kota Surabaya,” kata Fikser.

Melalui penandatanganan NKS ini, kata Fikser, diharapkan ke depan lebih banyak tercipta startup digital baru untuk menciptakan solusi bagi kebutuhan warga Kota Surabaya hingga berkembang menjadi inovasi digital.

“Dengan penandatanganan NKS ini, maka ada kerjasama yang lebih komprehensif dan sinergi antara pemkot dan Kemenkominfo,” ujarnya.

Bagi Kota Surabaya, Fikser menyebut, tentu ada beberapa manfaat yang bisa didapat dengan adanya kolaborasi ini. Salah satu poin pentingnya yakni, pihak Kemenkominfo berkomitmen menggelar program-program selain Gerakan 1000 Startup Digital di Surabaya. Seperti di antaranya kegiatan workshop-workshop berkualitas melalui Sekolah Beta. “Sehingga diharapkan warga Surabaya bisa memanfaatkan peluang ini,” pungkasnya.

Sebagai diketahui, selain dilakukan penandatangan NKS, dalam Road To Ignition ini juga diisi beberapa rangkaian acara.

Di antaranya, sharing session dengan keynote speaker Asri Wijayanti (Founder & CEO Jahitin). Kemudian, diskusi panel dengan menghadirkan Dedhy Trunoyudho (Co Founder Garda Pangan), Niko Julius (Founder SocialMediaMarket.id) dan Fuadit Muhammad (Software Engineer & Content Creator) yang hadir melalui virtual.

Kegiatan Road To Ignition ini menargetkan sekitar 2 ribu peserta yang berasal dari mahasiswa di Surabaya.

Para peserta sebelumnya telah mengikuti Fase Roadshow yang mampu memberikan komitmen untuk menciptakan sebuah startup dan mampu menjadi bagian dari ekosistem digital.

Untuk kehadiran peserta, sebelumnya dapat mengisi registration form melalui Google Form Gerakan Nasional 1000 di tautan bit.ly/roadtoignitionSBY2021.

Masyarakat juga bisa mengikuti Road To Ignition melalui zoom dan youtube live Bangga Surabaya dan Sapa Warga Kota Surabaya mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai.(man/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
25o
Kurs