Sabtu, 21 Mei 2022

Google Doodle Hormati Para Perempuan Pelopor untuk Bersuara

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Hari Perempuan Internasional. Berharap disahkan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) Foto: Google

Google Doodle memberi penghormatan kepada perempuan pelopor di Hari Perempuan Internasional. Ini terlihat dari tema animasi Google Doodle pada Senin (8/3/2021) yang menampilkan tangan yang ‘membuka pintu’ atau perempuan pelopor untuk bersuara.

Google memberikan bantuan besar kepada wanita untuk menghormati Hari Perempuan Internasional tahun ini. Terlihat dari banyaknya tangan-tangan yang mampu ‘membuat perbedaan’ selama beberapa tahun terakhir.

Dilansir dari laman CNET, Google merayakan Hari Perempuan Internasional dengan animasi Doodle yang menyoroti perempuan ‘pertama’ dalam sejarah, yang ‘membuka pintu’ untuk bersuara bagi perempuan saat ini. Termasuk tangan perempuan pertama yang memberikan suara dan para aktivis lainnya. Tangan-tangan lain yang menjadi sorotan hari ini termasuk para ilmuwan wanita perintis, penulis, atlet, dan seniman dari seluruh dunia.

Pada awal abad ke-20, perempuan menjadi lebih vokal dalam mengkampanyekan perubahan setelah mendapatkan penindasan dan ketidaksetaraan. Pada tahun 1908, sekelompok wanita berbaris melalui jalan-jalan Kota New York untuk menuntut gaji yang lebih baik, jam kerja yang lebih pendek dan hak suara.

Hari Perempuan pertama dirayakan di seluruh AS pada tahun berikutnya sesuai dengan deklarasi Partai Sosialis Amerika yang saat ini dirayakan setiap 8 Maret di banyak negara di dunia.(tin)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 21 Mei 2022
29o
Kurs