Jumat, 26 April 2024

Gowes to Zoo, Wali Kota Ajak Masyarakat Jadi Orang Tua Asuh Satwa KBS

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Salah satu satwa di Kebun Binatang Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Pada Minggu (21/3/2021) besok, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar kegiatan bertajuk “Gowes To Zoo”. Acara ini tidak diperuntukkan bagi masyarakat umum. Sebab, kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap satwa langka. Tujuannya yakni untuk memperoleh Orang Tua Asuh (OTAS) bagi para satwa di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Hal itu disampaikan oleh Febriadhitya Prajatara Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas).

“Kegiatan ‘Gowes To Zoo’ ini yang digelar pada Minggu besok itu, tidak untuk umum,” katanya.

Febri menjelaskan, peserta “Gowes To Zoo” diberangkatkan dari Balai Kota Surabaya menuju KBS. “Peserta akan ditawarkan siapa yang ingin menjadi OTAS, termasuk jenis satwanya apa saja,” jelasnya.

Untuk menjadi OTAS, lanjut Febri, nantinya binatang tersebut tidak dibawa pulang. Akan tetapi, OTAS memberikan jaminan kepada satwa yang dipilihnya itu untuk dijadikan anak asuh. Dia menyebut, minimal satu tahun ke depan, satwa asuhnya terpenuhi asupan makanan.

“Misalnya seseorang akan menjadi OTAS hewan burung, maka burungnya tidak dibawa pulang. Hanya saja dipastikan seseorang itu menjamin permakanan dalam satu tahun mendatang,” jelasnya.

Febri kembali menekankan, bahwa kegiatan itu tidak diperuntukkan bagi umum. Apalagi telah beredar undangan Gowes To Zoo yang tersebar di grup WhatsApp dan media sosial (medsos) ditekankan tidak untuk umum. “Di acara tersebut juga tidak diperbolehkan adanya pendampingan karena kuota terbatas, dan yang paling penting menerapkan protokol kesehatan,” kata Febri.(man/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs