Jumat, 3 Mei 2024

Gresikpedia, Aplikasi Layanan Publik dan BPJS Kesehatan Bagi Warga Gresik

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Layanan BPJS Kesehatan yang ada di aplikasi Gresikpedia milik Pemkab Gresik. Foto: BPJS Kesehatan

Kini masyarakat Kabupaten Gresik dapat mengakses layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS Kesehatan) melalui Gresikpedia. Gresikpedia adalah aplikasi milik Pemerintah Kabupaten Gresik yang merupakan bagian dari program kerja 99 hari Nawa Karsa Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gresik Periode 2021-2026.

“Aplikasi yang digagas Bupati Gresik ini, tentunya sebagai wadah untuk mendekatkan dengan masyarakat serta mempermudah layanan masyarakat. Oleh karenanya kami merangkul seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi yang menyediakan pelayanan untuk publik. Salah satunya BPJS Kesehatan,” tutur Budi Raharjo Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemkab Gresik.

Budi mengatakan bahwa masyarakat yang akan mengakses layanan BPJS Kesehatan dapat membuka menu Layanan Pubik pada aplikasi yang saat ini hanya dapat diunduh melalui Play Store. Adapun menu layanan BPJS Kesehatan yang dapat diakses yaitu website BPJS Kesehatan, Data Faskes, Care Center, Mobile JKN dan Informasi Alamat Kantor BPJS Kesehatan Cabang Gresik.

“Dengan adanya layanan BPJS Kesehatan yang masuk di Gresikpedia, masyarakat semakin mudah untuk mengecek status keaktifan peserta JKN-KIS, dan informasi lainnya yang ada di BPJS Kesehatan. Dengan adanya hal tersebut, layanan kesehatan yang memang setiap orang butuhkan ini semakin dimudahkan karena terdapat dalam one portal,” jelasnya seperti yang dilansir Antara.

Sementara ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Tutus Novita Dewi Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gresik mengamini adanya layanan BPJS Kesehatan pada aplikasi Gresikpedia. Ia bahkan sangat mendukung program digitalisasi yang digagas Pemerintah Kabupaten Gresik ini.

“Kami sangat support, sehingga saat ada informasi terkait aplikasi Gresikpedia ini kami langsung berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kominfo Gresik dan jajaran untuk melakukan proses input layanan-layanan BPJS Kesehatan pada Gresikpedia. Hal ini juga sangat relevan dengan kondisi pandemi saat ini, dimana Pemerintah menganjurkan untuk membatasi layanan tatap muka sehingga masyarakat dapat mengakses layanan daring dimana saja yang hanya mengandalkan smartphone,” ungkap Tutus.

Tutus menjelaskan bahwa selain peserta JKN-KIS khususnya segmen perorangan dapat mengecek status keaktifan kartunya, peserta juga dapat mengakes aplikasi digital andalan BPJS Kesehatan yakni Mobile JKN. Apabila masyarakat sudah memiliki akun Mobile JKN maka dapat langsung terbuka aplikasinya, namun jika belum maka akan terhubung dengan Play Store untuk terlebih dahulu mengunduh aplikasi Mobile JKN.

“Jika sudah terhubung dengan aplikasi Mobile JKN, peserta JKN-KIS bisa langsung memanfaatkan beragam fiturnya. Antara lain, fitur Ubah Data Peserta, Cek Tagihan Iuran JKN-KIS, Pendaftaran Peserta Baru segmen Perorangan, Pendaftaran Pelayanan di Fasilitas Kesehatan, Konsultasi Dokter, Informasi dan Pengaduan, Skrining Covid-19 secara mandiri dan masih banyak fitur lainnya,” jelas Tutus.

Lebih lanjut, Tutus mengungkapkan bahwa adanya sinergi bersama Pemerintah Kabupaten Gresik ini semata-mata agar masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan cepat tanpa harus berbelit ataupun datang ke Kantor Cabang.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs