Rabu, 25 Mei 2022

Gubernur dan Ketua DPRD DKI Jakarta Penuhi Panggilan KPK

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta. Foto: DPPDPP

Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta dan Prasetyo Edi Marsudi Ketua DPRD DKI Jakarta memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mereka berdua dipanggil sebagai saksi kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur.

Sekitar 09.45 WIB, Ketua DPRD DKI datang di Kantor KPK, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Sedangkan Anis datang pukul 10.10 WIB.

Sebelum masuk ruang pemeriksaan di Lantai 2, Gedung Merah Putih, Anies bilang siap memberi keterangan kepada Penyidik KPK, supaya kasus dugaan korupsi itu bisa segera tuntas.

“Hari ini saya memenuhi undangan untuk memberikan keterangan sebagai warga negara yang ingin ikut serta di dalam memastikan tata kelola pemerintahan berjalan dengan baik, maka saya datang memenuhi panggilan. Saya berharap nantinya keterangan yang saya berikan bisa membantu tugas KPK di dalam menuntaskan persoalan korupsi yang sedang diproses. Jadi, saya akan menyampaikan semua yang dibutuhkan, semoga itu bermanfaat bagi KPK,” ujarnya.

Sekarang, Anies dan Prasetyo menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk melengkapi berkas pemeriksaan Yoory Corneles Pinontoan mantan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Pembangunan Sarana Jaya yang berstatus tersangka.

Sekadar informasi, KPK sebelumnya menetapkan lima tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan lahan di daerah Munjul.

Selain Yoory, ada nama Tommy Adrian Direktur PT Adonara Propertindo, dan Anja Runtuwene Wakil Direktur PT Adonara Propertindo.

Kemudian, PT Adonara Propertindo sebagai tersangka korporasi, dan Rudi Hartono Iskandar Direktur PT Aldira Berkah Abadi Makmur.

KPK menduga, PT Perumda Jaya dalam pembelian tanah di Munjul tahun 2019, melanggar hukum karena tidak melalui kajian kelayakan objek tanah.

Pengadaan lahan untuk Program Rumah DP 0 Rupiah tersebut disinyalir mengakibatkan keuangan negara rugi sekitar Rp152,5 miliar.(rid/iss/den)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 25 Mei 2022
30o
Kurs