Kamis, 18 April 2024

Gus Muhdlor Minta Penambahan Pompa Air di Bozem Seberang Lippo Mall

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
hmad Muhdlor Bupati Sidoarjo atau akrab disapa Gus Muhdlor berkeliling ke sejumlah rumah pompa penyedot air atau bozem pada Minggu (12/9/2021). Foto: Diskominfo Sidoarjo

Sambil gowes dari Pendopo Delta Wibawa,  Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo yang akrab disapa Gus Muhdlor didampingi Sigit Setyawan Kepala Dinas PU BM SDA berkeliling ke sejumlah rumah pompa.

Rumah pompa dengan penyedot air atau bozem yang mereka kunjungi kali ini, Minggu (12/9/2021), adalah yang berada di sepanjang kali Kutuk, Sidokare, sampai kali Rangkah.

Ada empat bozem yang dicek Bupati Gus Muhdlor. Antara lain bozem kali Karanggayam depan Klenteng, kali Bluru, bozem di Perumahan Bumi Citra Fajar, dan bozem depan Lippo Mal.

Keempat bozem itu masih berfungsi baik, tidak ada yang rusak. Termasuk rumah pompa di kali Kutuk, Sidokare sudah dicek oleh Dinas PU BM SDA dan sudah dilaporkan ke Bupati, pompanya bermasalah.

Sedangkan untuk pompa penyedot di depan Lippo Mall, Gus Muhdlor minta adanya penambahan satu pompa air lagi. Supaya penyedotan genangan air yang menutup jalan raya bisa semakin cepat.

Penambahan ini dilakukan karena jalan depan Lippo Mall merupakan akses utama kendaraan menuju Sidoarjo barat dan arah sebaliknya menuju kota, yang setiap musim hujan jadi langganan genangan.

“Semua bozem sudah dicek dan semuanya berfungsi dengan baik. Antisipasi ini dilakukan untuk persiapan siaga banjir. Termasuk pompa depan Lippo saya sudah instruksikan ke dinas PU BM SDA agar ditambah satu lagi,” katanya berdasarkan keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net.

Meski semua sudah berfungsi baik, ada bozem yang menurut Gus Muhdlor mesinnya kurang besar. Ini dia ketahui saat mengecek langsung di kali Rangkah. Bozem di kali rangkah ini fungsinya untuk menarik air kiriman dari barat.

“Kapasitas pompa penyedotnya bisa diperbesar lagi, atau ditambah satu lagi. Ini kan fungsinya menarik air supaya yang dari barat bisa lancar mengalirnya ke timur,” kata Gus Muhdlor.(tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
32o
Kurs