Sabtu, 25 Mei 2024

Hari Polio Sedunia, Pandemi Covid-19 Tidak Boleh Jadi Alasan Menunda Vaksinasi Polio

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Menyambut Hari Polio, RS Gotong Royong dan Rotary Club berikan Vaksinasi polio untuk kader posyandu Kelurahan Menur, Sabtu(9/10/2021). Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

Hari Polio Sedunia yang diperingati setiap 24 Oktober menjadi momen yang tepat untuk kembali mengampanyekan pentingnya vaksin polio untuk anak.

Rotary Club Kaliasin, Rotary Jembatan Merah, dan Rotary Club of Surabaja bekerja sama dengan Rumah Sakit Gotong Royong mengedukasi masyarakat soal pencegahan penyakit menular ini dengan memberikan fasilitas vaksinasi polio.

Kegiatan yang berlangsung di RS Gotong Royong Suraaya itu juga melibatkan kader-kader Posyandu yang ada di Kelurahan Menur Pumpungan, Surabaya.

Dwi Santy Rahayu Ningsih, Presiden Rotary Club Kaliasin mengatakan, vaksinasi polio merupakan rangkaian kegiatan World Polio Day yang salah satu fokusnya adalah kesehatan ibu dan anak. Pemantauan akan rutin dilakukan sepanjang Oktober ini.

“Mungkin polio di dunia hanya satu persen saja. Tetapi selama penyakit polio masih ada di dunia, setiap orang yang belum dapat vaksin polio berpotensi terkena,” kata Dwi Santy di acara vaksinasi polio RS Gotong Royong, Sabtu(9/10/2021).

Dwi Santy menjelaskan, pandemi Covid-19 tidak bisa menjadi alasan orangtua untuk menunda vaksinasi atau imunisasi anak, termasuk imunisasi polio.

“Kami bersama RS Gotong Royong mengingatkan jangan sampai orangtua melewati imunisasi rutin anaknya,” imbuhnya.

Acara Kampanye Hari Polio Sedunia ini diisi dengan hiburan dan juga edukasi kesehatan yang melalui cerita boneka. Serta memberikan apresiasi kepada kader-kader Posyandu di Kelurahan Menur.

Sementara itu, Rommy Junardy District Governer Nominee berharap, kegiatan ini bisa menjadi momen yang tepat untuk kembali mengkampanyekan pentingnya vaksin polio untuk anak.

Terutama untuk mencegah sedari dini anak terhindar dari infeksi virus polio yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang, serta menjadi salah satu penyebab kelumpuhan permanen.

“Program ini sangat penting, sebab polio masih mengancam,” kata Rommy.(man/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
31o
Kurs