Selasa, 18 Januari 2022

Hujan Diprakirakan Turun di Sebagian Besar Wilayah Indonesia, Termasuk Jatim

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi. Mendung gelap menyelimuti kawasan Karangpilang, Surabaya. Foto: Netter/Dok. suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memberikan peringatan dini supaya mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat di sejumlah wilayah pada Sabtu (27/11/2021).

Informasi BMKG Juanda yang diterima suarasurabaya.net, kondisi cuaca tersebut diprakirakan terjadi pada:

Pagi hari: di wilayah Pacitan dan Kab. Blitar.

Siang sampai sore hari: di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Malam hari: di wilayah Surabaya, Gresik, Kab. Probolinggo, Bangkalan dan Sumenep.

Dini hari: di wilayah Pacitan.

Sedangkan suhu udara di wilayah Jatim berkisar 15 – 33 °C. Kelembapan udara 60 – 100%, serta angin dominan dari Tenggara – Selatan dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Sementara itu seperti dilansir Antara dari BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprakirakan turun di wilayah Provinsi Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Selain itu juga diprakirakan terjadi di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara juga menghadapi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

BMKG mengimbau warga mewaspadai potensi hujan lebat di wilayah Provinsi Aceh, Bali, Lampung, Maluku Utara, dan Sulawesi Barat. Hujan lebat bisa menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Selasa, 18 Januari 2022
32o
Kurs