Selasa, 16 Agustus 2022

Hujan Es Disertai Angin Kencang di Mojokerto, Pohon Tumbang Menimpa Mobil dan Sepeda Motor

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Majapahit, Mojokerto pada Jumat (29/10/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Foto: Fuad Maja FM untuk suarasurabaya.net

Hujan deras dan angin kencang disertai butiran es mengguyur sebagian wilayah di Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jumat (29/10/2021) sore sekitar pukul 15.00 WIB.

Djoko Supangkat Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto mengatakan, hujan es termasuk fenomena yang biasa terjadi saat cuaca ekstrem.

“Fenomena hujan es yang terjadi kali ini merupakan imbas dari peralihan masa transisi atau pancaroba, dari musim kemarau ke musim hujan,” ujarnya seperti dilaporkan Fuad reporter Maja FM kepada suarasurabaya.net, Jumat sore.

Menurut Djoko, sejauh ini belum ada laporan kerusakan rumah warga akibat angin kencang maupun hujan es di Mojokerto. Hanya saja ada sejumlah pohon yang tumbang akibat angin kencang yang menyertai.

“Kalau pohon tumbang ada di beberapa titik, sementara tadi termonitor ada di Kecamatan Mojosari, Sooko, dan Pungging,” katanya.

Kerusakan di bagian depan mobil yang tertimpa pohon tumbang di Jalan Majapahit, Mojokerto pada Jumat (29/10/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Foto: Fuad Maja FM untuk suarasurabaya.net

Satu di antaranya, sebatang pohon sono setinggi 5 meter di Jalan Majapahit, Mojokerto, yang tumbang dan menimpa sebuah mobil dan mengenai seorang pengendara sepeda motor.

Ahmad Riyadi seorang pengendara sepeda motor yang mengetahui peristiwa itu menyebutkan, pohon itu tumbang secara tiba-tiba saat angin kencang dan hujan lebat.

“Saya sedang menepi di seberang jalan, tiba tiba terdengar suara keras. Ternyata batang pohon tiba-tiba patah dan menimpa mobil dan pemotor,” ujarnya di lokasi kejadian.

Menurut dia, dua kendaraan yang tertimpa yaitu mobil Honda Jazz dengan nomor polisi W 1855 WS dan satu sepeda motor Scoopy yang dikendarai seorang perempuan.

“Tidak korban semua selamat, hanya satu perempuan yang menaiki motor tadi sempat jatuh dan mengalami luka lecet di dagu,” jelasnya.

Sementara itu untuk kendaraan mobil yang tertimpah mengalami kerusakan pada bagian kaca depan.

Imbas lain akibat peristiwa ini, dua jalur baik dari arah Surabaya menuju kota Mojokerto dan sebaliknya sempat tersendat.

Pohon tumbang di Jalan Majapahit di Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto telah dievakuasi oleh petugas DLH Kota Mojokerto.(fad/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Selasa, 16 Agustus 2022
27o
Kurs