Senin, 22 April 2024

IKA UA Beri Bantuan 150 Peti Jenazah untuk Enam RS di Jatim

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Para alumni Unair memberikan bantuan peti jenazah untuk enam rumah sakit di Jawa Timur, Kamis (29/7/2021). Foto: Istimewa

Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) di bawah kepemimpinan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim sebagai Ketua Umum terus melakukan langkah kontribusi penanganan Covid-19.

Sebelumnya, IKA UA bersama FK Unair dan Pemprov Jatim menggelar vaksinasi massal di sejumlah titik. Kali ini, lembaga itu menyerahkan peti jenazah untuk enam rumah sakit di Jawa Timur.

Total ada 150 peti jenazah yang diserahkan Kamis (29/7/2021), sehingga masing-masing rumah sakit sasaran menerima 25 buah peti.

Rumah sakit itu antara lain RSUD Sidoarjo, RSUD Ibnu Sina Gresik, RSUD dr Soegiri Lamongan, RSUD Jombang, RS Unair, dan RS Islam Jemursari.

Indra Nur Fauzi Perwakilan IKA UA mengatakan, kepedulian itu tidak semata-mata dalam bentuk empati. IKA UA bermaksud mengusung sinergi.

IKA UA, kata dia, mengajak berbagai pihak untuk hadir meringankan beban bersama yang muncul akibat Pandemi Covid-19.

“Program ini adalah inisiasi dari Ketua Umum IKA Unair yakni Ibu Khofifah Indar Parawansa,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net.

Banyak korban meninggal akibat Covid-19. Rumah sakit pun butuh perangkat untuk menyelenggarakan pemakaman. IKA UA mengambil peran dengan memberikan bantuan peti jenazah.

“Bantuan ini merupakan bentuk ikhtiar untuk meringankan beban petugas pemulasaraan jenazah di rumah sakit,” kata alumni Fakultas Ekonomi Bisnis Unair angkatan 1994 itu.

Dia berharap pandemic Covid-19 segera berakhir. Penambahan kasus positif segera berkurang. Angka kesembuhan meningkat, dan angka kematian turun.

Indra pun mengajak masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan merupakan ikhtiar dalam mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19,” ujarnya.

Indra menyerahkan peti jenazah secara langsung kepada dr Rudyanto Dwi Agustomo Direktur RSUD Ibnu Sina. Sedangkan untuk RSUD Sidoarjo peti jenazah diserahkan Mirza Muttaqien.

Dokter Wasis Nupikso, SpOG Wakil Direktur Pelayanan RSUD Sidoarjo menyampaikan terima kasih atas bantuan peti jenazah kepada IKA-UA..

Bantuan itu, menurutnya sangat berarti bagi warga Sidoarjo dan sekitarnya yang terdampak Covid-19.

“Tentunya bagi rumah sakit, bantuan ini akan digunakan sebagaimana mestinya yakni penangnan pasien meninggal akibat Covid-19,” ucapnya.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 22 April 2024
26o
Kurs