Jumat, 22 Oktober 2021

Implementasikan Hibah Penelitian, Dosen UK Petra Berbagi Ilmu di Kampung Herbal Nginden

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Tim dosen dan mahasiswa Desain Interior UK Petra Surabaya saat bersama warga Kampung Herbal, Nginden Jangkungan, Surabaya, Sabtu (24/4/2021). Foto: Totok suarasurabaya.net

Implementasikan hasil hibah penelitian, tiga dosen Program Studi Desain Interior (Prodi DI) Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, Sabtu (24/4/2021) berbagi ilmu dengan warga Kampung Herbal, Nginden Jangkungan.

“Bersama warga kami melakukan Interior Styling Perpustakaan Herbal dan Pelatihan Eco Print. Aksi ini sebagai implementasi hasil hibah skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) dan Leadership Enhancement Program (LEAP),” terang Dr. Laksmi Kusuma Wardani, S.Sn., M.Ds., Ketua Tim Peneliti Prodi Desain Interior UK Petra, Sabtu (24/4/2021).

Tim prodi Desain Interior UK Petra yang beranggotakan Dr. Laksmi Kusuma Wardani, S.Sn., M.Ds. (ketua tim), Diana Thamrin, S.Sn., Arch dan Ronald H.I.Sitindjak, S.Sn., M.Sn., ini sebelumnya bersama mahasiswanya telah melakukan survei dan presentasi desain terlebih dahulu. Aksi ini dibantu Perpustakaan UK Petra, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya serta LPPM UK Petra.

Kampung Herbal yang berada di Jalan Nginden gang VII-RT 9/RW 5 Kelurahan Nginden Jangkungan memiliki banyak prestasi dengan memenangkan lomba-lomba yang bertemakan lingkungan mau pun literasi, SDM yang kompetitif dan mau berkembang. Tetapi berdasarkan temuan tim peneliti, masih banyak sarana dan prasarana serta kompetensi warga yang perlu ditingkatkan.

“Karena itu kami mengajak serta para mahasiswa melakukan penelitian di sini. Sebab kegiatan ini sebagai wujud kontribusi riil pada masyarakat Surabaya sekaligus media belajar mahasiswa prodi Desain Interior UK Petra. Kegiatan yang kami lakukan ini juga sejalan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan implementasi program Leadership Enhancement Program (LEAP) di UK Petra,” tambah Laksmi.

Peserta mendapat penjelasan materi pelatihan serta memperkenalkan bahan serta teknik Eco Print. Ibu-ibu di Kampung Herbal membuat alas kain jok bench yang telah dibuat sebelumnya dengan teknik Eco Print. “Kami menggunakan daun setempat, ditambah dengan pewarna alami seperti secang dan tunjung agar kain yang dihasilkan ramah lingkungan baik dari proses pembuatan hingga limbahnya,” kata Laksmi.

Sementara di lokasi berbeda dilaksanakan Styling Interior Perpustakaan. Para mahasiswa dan tim dosen melakukan beberapa perubahan antara lain mendesain panggung, membuat backdrop area semi outdoor dan background foto. Desain ini menggunakan bambu apus dan bambu kuning dalam membentuk goresan organik. Ditambahkan juga lampu gantung, tanaman serta lantai rumput sintetis.

Tim ini juga membuat beberapa barang di Laboratorium kayu UK Petra yaitu meja front office, rak herbal dan Bench serta fasilitas lesehan.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Jumat, 22 Oktober 2021
33o
Kurs