Sabtu, 23 Oktober 2021

Indonesia Sudah Menerima 240 Juta Dosis Vaksin Covid-19 dari Luar Negeri

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan. Foto: Antara

Sebanyak 7,2 juta dosis Vaksin Covid-19 Sinovac dari China, hari ini, Senin (13/9/2021), datang lagi di Tanah Air, dan menambah ketersediaan vaksin untuk program vaksinasi nasional.

Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Pemerintah urusan Vaksinasi Covid-19 mengatakan, ada dua gelombang kedatangan Vaksin Sinovac hari ini yang tercatat sebagai penerimaan ke-59 dan 60.

Penerimaan ke-59 terdiri dari lima juta Vaksin Sinovac siap pakai yang dibeli Pemerintah Indonesia. Sedangkan penerimaan ke-60 sebanyak 2,2 juta dosis yang didapat dari kerja sama dengan COVAX Facility.

Dengan tambahan jutaan dosis vaksin tersebut, Indonesia terhitung sudah menerima sekitar 240 juta dosis berbagai merek, berbentuk siap suntik dan juga bahan baku.

“Dengan demikian, total vaksin yang sudah tiba di Indonesia hingga saat ini mencapai lebih dari 240 juta dosis baik bahan baku mau pun vaksin jadi. Terus bertambahnya stok vaksin tentu akan memberikan andil dalam akselerasi cakupan vaksin di Indonesia,” ujarnya lewat keterangan tertulis, Senin (13/9/2021).

Bertambahnya stok vaksin, lanjut Dokter Nadia, penting untuk mempercepat terciptanya kekebalan kelompok masyarakat terhadap Virus Corona.

Menurutnya, pemerintah terus berupaya mendatangkan vaksin lewat berbagai skema, kerja sama multilateral, bilateral dan pembelian langsung dari produsen vaksin.

Lebih lanjut, Siti Nadia mendorong kolaborasi berbagai pihak untuk mempercepat dan memperluas program vaksinasi, terutama di daerah-daerah yang capaian vaksinasinya masih rendah.

Kolaborasi itu melibatkan unsur pemerintah, instansi terkait, serta berbagai kalangan masyarakat.

Terkait distribusi vaksin, data dari PT Bio Farma per 12 September 2021, sudah lebih dari 154 juta dosis vaksin yang terdistribusi ke berbagai wilayah Indonesia.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Sabtu, 23 Oktober 2021
28o
Kurs