Sabtu, 23 Oktober 2021

Jalan Brigjen Moh. Manan di Batu Retak dan Ambles

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Retakan di Jalan Brigjen Moh Manan (Payung 1), Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Foto: Tangkapan layar

Ruas Jalan Brigjen Moh. Manan (Payung 1), Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu mengalami retakan dan penurunan permukaan.

Berdasarkan informasi warga, retakan tanah sudah terjadi kurang lebih dua minggu terakhir.

BPBD Kota Batu melalui keterangan tertulis melaporkan, di sepanjang area warung Payung I terlihat retakan tanah dan tanah ambles.

Beberapa retakan terjadi melintang selebar badan jalan. Panjang retakan mencapai 46 meter dengan lebar rekahan mulai 3 cm sampai 15 cm. Kondisi ini juga mengakibatkan struktur bangunan di sepanjang jalan retak dan tanahnya ambles.

Selain itu bahu jalan mengalami penurunan dengan level sekitar 10-15 cm dari jalan raya. Bahu jalan juga mengalami keretakan sepanjang 75 meter dengan lebar retakan hingga 15 cm.

Kerusakan dan kerugian yang dialami warga sekitar yaitu tiga warung mengalami retakan bangunan yang parah di bagian kamar mandi.

Selanjutnya, BPBD Kota Batu akan memasang rambu rawan longsor di sepanjang jalur Payung dan tanda bahaya di sekitar retakan dan area yang ambles.

BPBD akan memantau area jalan yang retak secara berkala terutama setelah hujan. Mengecek bersama dengan instansi terkait, untuk mengetahui penyebab terjadinya retakan. Dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk pembatasan tonase kendaraan yang melintas di area payung.

BPBD Kota Batu juga mengimbau pedagang di sekitar payung 1 untuk waspada dan berkoordinasi jika terjadi retakan tanah lebih besar lagi.(iss/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Sabtu, 23 Oktober 2021
29o
Kurs