Minggu, 28 Februari 2021

Jalan Sedati di Desa Wedi Gedangan Mulai Pengurukan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Perbaikan Jalan Sedati Kilometer 2, Desa Wedi, Kecamatan Gedangan, pada Rabu (20/1/2021). Foto: Denza suarasurabaya.net

Enam pekerja Mitra Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Sidoarjo mulai mengerjakan pengaspalan di Jalan Sedati Kilometer 2, Desa Wedi, Kecamatan Gedangan, Rabu (20/1/2021).

Sejak kemarin, Selasa (19/1/2021) sore, jalan yang rusak dan berlubang mulai diuruk. Pagi ini, para pekerja itu melanjutkan pengurukan sampai beberapa hari ke depan, baru melakukan pengaspalan.

Arifin, salah satu pekerja mengatakan, pengurukan diperkirakan tuntas selama tiga hari. Baru setelah itu pengaspalan bisa dilakukan. “Biasanya tiga hari kalau untuk pengurukan,” ujarnya.

Selain karena tenaga yang terbatas, pengerjaan jalan ini mungkin juga akan terkendala cuaca. BMKG memperkirakan Jawa Timur masih berpotensi mengalami hujan dengan intensitas tinggi.

Hudiyono Penjabat Bupati Sidoarjo bersama pekerja Mitra Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Sidoarjo di Jalan Sedati Kilometer 2, Desa Wedi, Kecamatan Gedangan, Rabu (20/1/2021). Foto: Denza suarasurabaya.net

Hudiyono Penjabat Bupati Sidoarjo pada Rabu (20/1/2021) pagi ini meninjau ke lokasi. Dia meminta pekerja juga mengatur agar saluran air di sisi jalan kembali berfungsi. Setidaknya agar bila ada genangan bisa mengalir dari jalan.

“Kalau tidak sampeyan buatkan alirannya dulu, nanti kalau ada genangan rusak lagi. Kasihan pengguna jalan. Ini nilai ibadahnya besar, sampeyan kerja yang ikhlas ya,” ujar Hudiyono.

Pria yang juga Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Pemprov Jatim itu menargetkan, pengerjaan pengaspalan ini setidaknya bisa tuntas selama seminggu. “Paling tidak tahan untuk setahun,” ujarnya.

Saat melakukan tinjauan ke lokasi pengerjaan jalan, Hudiyono mengajak serta Agus Sujoko Camat Gedangan. Hudiyono bilang, Pemkab segera mentransfer dana untuk pemeliharaan jalan.

Dana pemeliharaan jalan itu termasuk dalam Dana Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan yang digunakan untuk penanganan keluhan publik, termasuk jalan. Untuk Kecamatan Gedangan nilainya Rp500 juta.

“Kami akan transferkan ke Kecamatan Gedangan Rp500 juta. Itu termasuk untuk pemeliharaan jalan. Tapi kami juga akan mengajak pelaku industri di wilayah ini untuk terlibat. Karena dana itu kecil,” ujarnya.

Hari ini juga, Hudiyono mengumpulkan pelaku industri di sepanjang jalan rusak di Gedangan untuk berkoordinasi mengenai penanganan jalan. Hudiyono mengumpulkan mereka di Kantor Kecamatan Gedangan.

Ke depan, Hudiyono bilang, Pemkab Sidoarjo akan menerapkan betonisasi di sepanjang jalan utama untuk wilayah industri ini. Menurutnya, anggaran untuk itu sudah masuk dalam APBD Sidoarjo 2021.

Sebelumnya, kepada Radio Suara Surabaya, Hudiyono menyebutkan, besaran anggaran pemeliharaan dan perbaikan jalan kabupaten di Sidoarjo mencapai Rp19,350 miliar. Untuk jalan lingkungan senilai Rp7,945 miliar.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Terguling dan Muatannya Tumpah

Surabaya
Minggu, 28 Februari 2021
26o
Kurs