Minggu, 5 Mei 2024

Jalur Pendakian Arjuno-Welirang Kembali Ditutup

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Gunung Arjuno dilihat dari wilayah Kota Malang, Jawa Timur. Foto: Antara

Menyusul dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Kabupaten Pasuruan, maka Pendakian Gunung Arjuno-Welirang kembali ditutup.

Ahmad Wahyudi, Kepala Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo di Kota Malang mengatakan pendakian Arjuno Welirang kembali ditutup karena di wilayah Kabupaten Pasuruan menerapkan PPKM level 3.

“Kabupaten Pasuruan berada pada level 3 PPKM yang mana kegiatan wisata tidak diizinkan. Maka pendakian Arjuno Welirang ditutup,” kata Wahyudi.

Gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Yang mana tiga wilayah tersebut saat ini masih menerapkan PPKM level 3.

Dikutip dari Antara, pendakian yang baru dibuka pada 19 September 2021 tersebut, terhitung sejak 5 Oktober 2021 ditutup kembali, hingga waktu yang belum ditentukan.

Penutupan tersebut mengacu pada instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 2021. Yang mana tertuang pada pengumuman yang dikeluarkan oleh “UPT Tahura Raden Sorejo Nomor 533/685/123.7/2021 Tentang Penutupan Kegiatan Pendakian Gunung Arjuno Welirang Melalui Jalur Tretes, dan Tambaksari.”

Gunung Arjuno, terletak bersebelahan dengan Gunung Welirang, termasuk Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. Puncak Gunung Arjuno terletak dalam satu punggung yang sama dengan puncak Welirang dan lebih dikenal sebagai kompleks Arjuno-Welirang.(ant/wld/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs