Jumat, 19 April 2024

Janji Meneruskan Perjuangan dalam Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Joko Widodo Presiden saat memimpin upacara apel kehormatan dan renungan suci yang digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. Foto: Antara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara apel kehormatan dan renungan suci yang digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa, tepat pukul 00.00 WIB.

“Dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, kami yang hadir hari ini Selasa 17 Agustus 2021, pukul 00.00 WIB pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di taman makam ini,” kata Presiden Jokowi yang membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci.

Pahlawan yang telah bersemayam di taman makam pahlawan tersebut, kata Jokowi, antara lain TNI dan Polri sebanyak 9.192 pahlawan, Badan Perjuangan 892 pahlawan, tokoh nasional 63 pahlawan, tidak dikenal 43 pahlawan.

Dengan begitu, jumlah pahlawan di taman makam itu sebanyak 10.190 pahlawan.

“Begitu pun para pahlawan yang tidak dikenal baik nama dan tempatnya di kota kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah, ngarai, dan di dasar-dasar lautan. Kami menyatakan hormat sebesar besarnya atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi pada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” ujarnya.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami, dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga,” Presiden menambahkan.

Presiden Jokowi menyampaikan bangsa Indonesia mendoakan agar semoga arwah para pahlawan diterima Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya.

Upacara apel kehormatan dan renungan suci dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, dan kemudian penyalaan obor. Selanjutnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memimpin pembacaan doa.

Sebelum ditutup, Komandan Upacara memimpin penghormatan terakhir kepada para pahlawan. Selanjutnya, upacara ditutup dengan laporan dari Komandan Upacara ke Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara. Presiden bersama rombongan kemudian meninggalkan TMP Kalibata.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs