Jumat, 26 April 2024

Jelang Diresmikan Presiden, Eri Cahyadi Tinjau Kesiapan PSEL Benowo

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya meninjau langsung kesiapan Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL) Benowo yang rencananya mau diresmikan oleh Presiden Joko Widodo Foto : Humas Pemkot

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya meninjau langsung kesiapan Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL) Benowo yang rencananya akan diresmikan oleh Joko Widodo Presiden RI.

Tiba di PSEL Benowo, Eri Cahyadi langsung menuju central control room. Di tempat tersebut, ia mengecek proses pengolahan sampah itu hingga bisa menjadi listrik.

Bahkan, ia juga mengecek beberapa ruangan operasional. Beberapa cat yang sudah pudar atau mengelupas di sejumlah ruangan, langsung diminta untuk dicat kembali. Lantai yang kelihatan kotor juga langsung diminta untuk segera dibersihkan.

“Jadi, kali ini saya cek kesiapannya, karena Insyallah tanggal 6 Mei 2021 akan diresmikan oleh Pak Presiden sebagai pengolahan sampah pertama dengan kapasitas listrik terbesar di Indonesia,” kata Eri seusai meninjau PSEL Benowo.

Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL) Benowo. Foto: Humas Pemkot Surabaya

Berdasarkan pantauannya, semua sistem sudah berjalan dengan baik. Namun ada beberapa hal kecil yang harus diperbaiki lagi, seperti cat yang sudah mulai kusam dan beberapa tempat yang masih kotor.

“Semuanya sudah berjalan dengan baik. Tadi boilernya dan turbinnya berjalan dengan baik. Alhamdulillah sudah berjalan seperti biasa, tadi saya juga ngecek tempat pemilihannya seperti apa, jangan sampai ada yang kurang, tapi alhamdulillah sesuai dengan apa yang ada di kontrak, sehingga ini tinggal persiapan diresmikan oleh Pak Presiden,” tegasnya.

Menurutnya, pengolahan sampah menjadi listrik itu sudah berjalan dengan baik selama ini. Bahkan, saat ini sudah bisa menghasilkan listrik 11 megawatt dari pengolahan 1.000 ton per hari.

“Jadi, di dalam kontrak itu 1.000 ton perhari harus bisa diolah menjadi listrik, tentu ini sangat bermanfaat bagi warga,” jelasnya.

Setelah dari PSEL Benowo, rombongan Wali Kota bersama Erna Purnawati Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan meninjau pembangunan jalan, dimulai dari jalan yang tembus antara PSEL Benowo ke kawasan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), lalu ke arah timur yang tembus simpang 4 Fly Over Pelindo dan juga ke utara ke Simpang Romokalisari. (man/frh/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs